Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ferguson, Rio Ferdinand Lebih Baik Pensiun

By Yudhi F. Oktaviadhi - Minggu, 30 September 2012 | 12:53 WIB
Sir Alex Ferguson dan Rio Ferdinand (Lars Baron/Getty Images)

Biasanya pelatih tingkat klub cukup bangga jika salah satu anak asuhnya dipanggil untuk memenuhi tugas negara. Itu berarti sang pelatih memiliki pemain yang dapat diandalkan. Namun, kali Sir Alex Ferguson justru meminta bek veteran Rio Ferdinand untuk pensiun dari tim nasional Inggris.

Fergie mendesak Rio Ferdinand untuk memutuskan masa depannya bersama The Three Lions. Sang pelatih lebih meminta bek berusia 33 tahun itu diminta untuk fokus terhadap Manchester United.

Selama ini, Rio Ferdinand belum pernah bergabung bersama timnas Inggris usai perhelatan Euro 2012. Roy Hogson secara mengejutkan tidak memanggilnya dengan alasan sepak bola.

"Tentu saja Rio mampu bermain baik untuk Inggris, tidak ada yang meragukan hal itu. Namun, saya tidak melihat alasan bahwa dia harus membela timnas negaranya. Jadi sebaiknya dia fokus terhadap kariernya di Man. United, menurut saya itu lebih baik," kata Fergie kepada The Sun.

Muncul spekulasi yang menyatakan bahwa Roy Hodgson akan memanggil Rio Ferdinand menyusul keputusan tiba-tiba John Terry untuk pensiun dari timnas Inggris. Keputusan kapten Chelsea itu begitu mendadak sebelum dirinya dijatuhi hukuman FA terkait kasus pelecehan ras kepada Anton Ferdinand.

Sir Alex Ferguson juga menyataan dirinya tidak segan untuk memperpanjang kontrak Rio Ferdinand yang akan habis pada musim ini. Hal itu akan dilakukan jika sang pemain memberikan loyalitasnya terhadap klubb.

"Jika dia dapat bermain baik musim ini, maka tidak ada alasan untuk tidak memperpanjang kontraknya."