Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Dampak Kagawa ke United, Dua Bulan Tiga Sponsor

By Adil Pradipta - Minggu, 30 September 2012 | 22:32 WIB
Shinji Kagawa (Michael Regan/Getty Images)

"Syal untuk pertandingan hari ini… Syal untuk pertandingan hari ini… KagawaKagawa." Teriakan tersebut berulang kali terdengar di depan Stadion Old Trafford, Manchester, menjelang pertandingan antara Manchester United dengan Tottenham Hotspur pada Sabtu (29/9). Anda tentu tahu kenapa nama Shinji Kagawa menjadi bahan jualan para pedagang syal.

Laporan dari Manchester

Hari itu tampak cukup banyak calon penonton yang berasal dari Jepang, negara asal Shinji Kagawa, gelandang menyerang yang didatangkan Manchester United dari Borussia Dortmund pada Juni lalu.

Faktanya bukan hanya pedagang syal produk tak resmi tersebut saja yang bisa menarik keuntungan dengan adanya Kagawa di Manchester. Pihak klub pun mendapat keuntungan setelah menggaet gelandang serang anggota tim nasional Jepang tersebut.

"Dua bulan setelah mendapatkan Shinji Kagawa, kami telah memperoleh tiga sponsor dan partner baru asal Jepang," kata Neil Liddle, staf bagian pemasaran Manchester United, dalam perbincangan di depan Old Trafford menjelang pertandingan melawan Spurs.

Neil kemudian menyebutkan tiga sponsor dan partner tersebut, yakni perusahaan arsitektur, Yanmar, sebuah bank, dan sebuah produk minuman jus. Yanmar sendiri menjadi sponsor klub Kagawa sebelumnya, Borussia Dortmund, pada Agustus 2011.   

Sekarang terserah Anda untuk menilai, apakah keberadaan Kagawa di Manchester United adalah untuk sisi sepak bola semata atau juga ada kaitan dengan masalah bisnis.