Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Transfer Demba Ba ke Liverpool Terhalang FIFA

By Oka Akhsan M. - Senin, 1 Oktober 2012 | 23:56 WIB
Demba Ba (Mike Hewitt/Getty Images)

Rencana Liverpool untuk mendatangkan striker Newcastle, Demba Ba, pada bursa transfer Januari terancam batal. Pasalnya, transfer yang akan meliputi Andy Carroll itu akan terbentur peraturan FIFA.

Menurut laporan Daily Star, Liverpool berada di barisan terdepan untuk mendapatkan tanda tangan Ba. Newcastle dikabarkan tertarik dengan proposal The Reds yang berencana mencantumkan nama Carroll dalam proses transfer tersebut.

Namun, peraturan FIFA menyebut seorang pemain bisa pindah klub sebanyak tiga kali dari 1 Juli sampai 30 Juni dalam setahun, namun hanya boleh membela dua klub saja. Setelah bermain untuk Liverpool dan West Ham pada musim ini, maka ia tidak boleh lagi tampil membela Newcastle.

Artinya, Liverpool harus menebus klausul pelepasan yang tertera dalam kontrak Ba jika ingin memboyongnya pada Januari. Menurut pemberitaan di media Inggris, pemain asal Senegal itu bisa diboyong dengan harga 7,5 juta pound atau sekitar 115 miliar rupiah.

Manajer Brendan Rodgers memang kekurangan pilihan di lini depan. Rodgers hanya memiliki du striker murni dalam diri Luis Suarez dan Fabio Borini. Itulah alasan mengapa ia ngotot mengejar Demba Ba yang menjadi pencetak gol terbanyak sementara Premier League dengan koleksi enam gol.