Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

KPSI Ingin Adu Timnasnya dengan Timnas PSSI

By Randy Wirawan - Selasa, 2 Oktober 2012 | 22:01 WIB
Timnas KPSI Berlatih di Batu Malang, Jawa Timur. (Nurdiansah/Bolanews)

Sebuah langkah yang cukup mengejutkan dan sedikit aneh akan ditempuh PSSI La Nyalla Mahmud Mattalitti. Seperti yang disampaikan Sekjen PSSI La Nyalla,  Tigor Shalom Boboy, pihaknya berencana untuk melayangkan surat kepada PSSI untuk menjajaki kemungkinan mengadu timnas versi KPSI dan timnas PSSI.

"Suratnya akan kami layangkan pada Kamis (4/10). Jika PSSI sepakat, maka pertandingan akan digelar pada 10 Oktober," kata Tigor kepada wartawan, Selasa (2/10).

Menurut Tigor, pertandingan yang mempertemukan timnas asuhan Nilmaizar dan timnas besutan Alfred Riedl sangat perlu dilakukan. Tujuannya, agar terlihat pemain terbaik yang lebih pantas memperkuat Indonesia di ajang Piala AFF 2012, 24 November-22 Desember 2012.

"Tentu kami juga tidak mau Indonesia menjadi tim pesakitan atau tim yang selalu kalah saat Piala AFF nanti. Di tengah kondisi saat ini, tentu kami tidak ingin timnas berdampak negatif karena mengirimkan pemain-pemain yang bukan terbaik," kata Tigor.

"Adanya ajang uji coba dengan timnas Djohar, tentu masyarakat bisa menilai, mana tim yang layak menjadi wakil untuk menjaga harga diri dan gengsi bangsa ini," ujar Tigor.

Sejauh ini, kiprah Indonesia di tingkat internasional memang belum baik. Sejak dikalahkan Bahrain 0-10 di babak kualifikasi Pra-Piala Dunia 2014, Indonesia baru memetik satu kemenangan. Itu saat Irfan Bachdim cs. menghadapai Brunei Darussalam di Bandar Seri Begawan. Indonesia sendiri menuai hasil seri di dua pertandingan masing-masing melawan Vietnam di Surabaya, dan Filipina di Manila.