Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Asal Sebutan El Clasico

By Yudhi F. Oktaviadhi - Jumat, 5 Oktober 2012 | 14:03 WIB
Pertandingan Supercopa Spanyol 2012 (Gonzalo Arroyo Moreno/Getty Images)

Rivalitas Real Madrid dan Barcelona sepertinya tidak akan pernah luntur, meski nantinya muncul raksasa baru La Liga. Pertemuan antara dua klub papan atas itu selalu menjadi hal yang menarik untuk diperbincangkan. Akhir pekan ini akan digelar laga krusial bertajuk El Clasico. Namun, mengapa laga tersebut dinamakan El Clasico?

Senin (8/10) pukul 00.50 WIB, Barcelona akan menjamu Real Madrid pada lajutan pekan ketujuh kompetisi La Liga. Pertemuan keduanya adalah untuk yang ke-222 dalam rentang waktu 110 tahun sejak 1902. Pada laga perdana, Barcelona berhasil menang dengan skor 3-1.

El Clasico atau El Derbi Espanol merupakan nama dalam sepak bola Spanyol untuk menyebut pertemuan dua rival sejati ini. Jika dihitung dalam satu tahun, kurang lebih terdapat sembilan laga El Clasico, di antanya pertemuan di kompetisi La Liga, Copa del Rey, dan Supercopa de Espana. Adalagi kemungkinan keduanya bertemu dalam Piala Super UEFA dan final Liga Champion.

Sebutan El Clasico muncul karena persaingan antara Los Blancos dan Blaugrana merupakan klub yang datang dari dua kota terbesar Spanyol. Prestasi yang dimiliki dua rival ini pun telah menjadi barometer sepak bola Spanyol. Jika dilihat, isi skuad dari tim nasional La Roja, mayoritas adalah pemain Real Madrid atau Barcelona.

Hingga saat ini, Real Madrid masih memimpin perolehan jawara La Liga dengan raihan 32 kali kemenangan dan 20 kali menjadi runner-up. Sementara Barcelona dengan 21 kemenangan dan 23 kali runner-up.