Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kalahkan Sunderland, City Bergantung pada Aguero

By Octa Kusuma Nugraha - Sabtu, 6 Oktober 2012 | 20:48 WIB
Sergio Aguero, mencetak satu-satunya gol Man. City yang berasal dari permainan terbuka (Alex Livesey/Getty Images)

0 atas Sunderland dalam laga pekan ketujuh Premier League yang mentas di Etihad Stadium pada Sabtu (6/10).

Pasalnya, penyerang asal Argentina ini mencetak satu-satunya gol Manchester Biru yang berasal dari open play. Maklum, dua gol lainnya lahir berkat tendangan bebas Aleksandar Kolarov ketika laga baru berjalan lima menit, dan James Milner pada menit ke-87.

Menggantikan Mario Balotelli pada menit ke-56, Aguero hanya membutuhkan waktu empat menit guna menjebol gawang Sunderland yang dijaga Simon Mignolet. Umpan Kolarov dari sisi kanan pertahanan The Black Cats mampu dikonversi menjadi gol oleh penyerang yang baru sembuh dari cedera yang dideritanya pada pekan perdana.

Meski skuad asuhan Roberto Mancini sudah unggul di menit ke-5 berkat tendangan bebas Kolarov, namun Sunderland terlihat mampu mengimbangi permainan juara bertahan Premier League ini. Bahkan Steven Fletcher beberapa kali mengancam gawang Joe Hart.

Akan tetapi, permainan menyerang yang diperlihatkan anak asuh Martin O'Neill berbuah petaka saat Aguero dimasukkan. Serangan-serangan David Silva dkk. terbukti lebih bervariasi dibanding saat Balotelli, yang terlihat bermain egois, berada di lapangan.

Kemenangan ini bermakna ganda bagi Manchester City. Tak hanya berhasil meraup tiga angka, namun hasil 3-0 ini pun menjadi kali pertama Joe Hart mencatatkan clean sheet alias tak kebobolan pada laga musim ini.

Susunan Pemain

Manchester City: Hart, Zabaleta, Richards, Lescott, Kolarov, Milner, Barry, Y. Toure, Silva (87' Rodwell), Balotelli (56' Aguero), Tevez (86' Clichy).

Sunderland: Mignolet, Gardner, Rose (61' Vaughan), Cuellar, O'Shea, Colback, Larsson, Johnson (68' Saha), McClean, Sessegnon, Fletcher.