Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Fakta-fakta Menarik di Laga El Clasico ke-222

By Yudhi F. Oktaviadhi - Minggu, 7 Oktober 2012 | 10:47 WIB
Jose Mourinho dan Tito Vilanvoa pada Supercopa 2012 (Dani Pozo/Gety Images)

hal menarik di El Clasico. Selain rivalitas kental antara Barcelona dan Real Madrid, atau jika lebih serius, persaingan antara bangsa Catalan dan Spanyol, banyak pula fakta-fakta unik lainnya.

Laga El Clasico pada pekan ketujuh La Liga yang akan dihelat pada Senin (9/10) dini hari WIB merupakan pertemuan ke-222 antara Barcelona dan Real Madrid sejak 1902. Selama kurun waktu 110 tahun, Barcelona telah mencatat 87 kemenangan atas Real Madrid dan Los Blancos lebih unggul satu laga dengan 88 kemenangan.

Sejak kalah 1-2 di Supercopa, Barcelona berhasil meraup kemenangan enam laga di semua kompetisi. Sebaliknya Real Madrid mengawali musim ini dengan buruk. Mereka hanya mampu menang dua kali di lima laga tandang di seluruh kompetisi.

Kemenangan Barcelona dini hari nanti, makin menunjukkan pasukan Tito Vilanova sebagai klub yang superior di La Liga dan menenggelamkan moral skuad Jose Mourinho.

Laga El Clasico ke-222 ini juga akan menjadi prestasi tersendiri bagi Alexis Sanchez karena merupakan kali ke-50 berseragam Blaugrana sejak 2011.

Jose Mourinho sepertinya memiliki mimpi buruk saat menghadapi kubu Catalan. Dalam masa kerja bersama Chelsea, Internazionale, dan Real Madrid, The Special One telah mengantongi enam kemenangan, tujuh seri, dan 10 kekalahan dari Barcelona. Itu merupakan prestasi terburuk Mou dibandingkan melawan klub lainnya.

Sementara itu sang bintang Los Blancos, Cristiano Ronaldo, telah mengantongi 12 gol musim ini di seluruh kompetisi. Raihan CR7 berhasil melampaui jumlah gol bintang Blaugrana, Lionel Messi.