Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kobe Bryant Berencana Pensiun Dua Tahun Lagi

By Randy Wirawan - Rabu, 10 Oktober 2012 | 14:10 WIB
Kobe Bryant (Getty Images)

Megabintang LA Lakers, Kobe Bryant, mengisyaratkan bakal gantung sepatu setelah 16 tahun berkarier di NBA. Hal itu akan terjadi pada 2014 atau bersamaan dengan berakhirnya kontrak si pemain.

Dalam sebuah wawancara dengan CBS Sports di sela-sela latihan Lakers, Kobe Bryant tak menutup kemungkinan untuk pensiun dalam dua tahun ke depan. Ia merasa berat jika harus bertahan selama tiga tahun lagi.

"Pensiun atau tetap bermain, itu adalah dua hal yang tak pernah bisa dipastikan. Hanya saja, menghabiskan tiga tahun lagi untuk tetap bertahan dengan latihan dan persiapan di level tinggi terasa cukup lama," kata pemain berusia 34 tahun itu.

"Bagi seorang guard, apakah tiga tahun merupakan waktu yang lama? Ya, itu sangat lama," imbuhnya.

Menurut kabar yang beredar di Amerika Serikat, Bryant ingin pensiun lantaran selalu diganggu oleh cedera lutut berkepanjangan. Namun, hal tersebut ditampik oleh pihak bersangkutan.

"Ini bukan tentang kesehatan. Ini tentang apakah saya ingin mengejar gelar lagi atau tidak? Apakah saya masih memiliki rasa lapar untuk terus mempersiapkan diri menghadapi permainan di level tertinggi?" ujar Bryant.

Sejak berkarier di NBA pada 1996, Bryant sudah mengoleksi lima cincin juara. Torehan itu cuma kalah dari legenda NBA, Michael Jordan, yang sudah memiliki enam gelar.

Bryant punya kans untuk melampaui atau setidaknya menyamai rekor Jordan. Bersama dua rekan terbarunya, Steve Nash dan Dwight Howard, Lakers memiliki komposisi yang sempurna untuk menjadi juara NBA musim 2012/13.