Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Arsene Wenger Andalkan Pemain Mungil

By Ade Jayadireja - Sabtu, 13 Oktober 2012 | 10:26 WIB
Theo Walcott (Getty Images)

Manajer Arsenal, Arsene Wenger, memberi nilai plus untuk pemain bertubuh mungil. Menurutnya, pemain kecil memiliki lebih banyak keunggulan ketimbang pesepak bola bertubuh besar.

Arsene Wenger memang memiliki sejumlah pemain mungil di skuadnya. Sebut saja Theo Walcott, Mikel Arteta, dan Tomas Rosicky. Meski tak memiliki tubuh tinggi, ketiga pemain tersebut bermain dengan sangat baik di lini tengah The Gunners.

"Selalu ada ruang untuk pemain bertubuh pendek. Mereka sangat lincah sehingga menjadi faktor penting. Hal serupa juga terjadi kepada pemain bertubuh tinggi di lini tengah," kata Wenger seperti dilansir Espnstar.

"Ini bermula sejak empat atau lima tahun terakhir. Perbedaan ukuran tubuh menjadi semakin besar. Oleh karena itu, keterbatasan ruang gerak di lapangan menuntut kami untuk mengedepankan kemampuan teknik," imbuhnya.

Di bursa jendela musim panas lalu, Wenger menambah koleksi pemain mungilnya dengan mendatangkan Santi Cazorla. Gelandang tim nasional Spanyol itu sudah menyumbang dua gol dan tiga assist dalam sembilan penampilan bersama Arsenal.