Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Andres Iniesta, Barcelona Tempat yang Sempurna

By Jaka Sutisna - Sabtu, 13 Oktober 2012 | 20:48 WIB
Andres Iniesta, salah satu jebolan La Masia. (David Ramos/Getty Images)

Bagi Andres Iniesta, Barcelona telah berjasa membentuk dirinya hingga seperti sekarang. Ia merasa Camp Nou merupakan tempat yang sempurna untuk tumbuh sebagai pemain profesional. Jebolan La Masia ini mengaku sangat nyaman hidup bersama Blaugrana.

"Saya tidak tahu apakah saya akan tetap menjadi pemain yang sama jika bermain di klub lain. Saya tidak tahu apakah akan menjadi pemain yang lebih baik atau lebih buruk," kata Iniesta kepada majalah Barcelona.

"Saya telah dan terus berada di klub yang ideal. Barcelona adalah alasan saya menjadi pemain seperti ini," tambahnya lagi.

Menurutnya, identitas permainan itu penting, namun jauh lebih penting meraih sukses dengan gaya permainan yang diusung. Ia menilai prestasi yang diukir Barcelona menjadi alasan banyaknya tim lain yang mencoba meniru gaya bermain Barcelona.

Ia juga berpendapat jika sepak bola saat ini lebih cederung mengutamakan hasil. Taktik pragmatis yang banyak digunakan klub lain sering kali membuat Barcelona kesulitan

"Tim lebih siap secara fisik dan teknis, sepak bola telah berubah menjadi lebih taktis. Saya berharap tidak terus seperti itu, karena itu membuat kami sulit mengejutkan lawan," urainya.

Pada kesempatan yang sama, Iniesta mengucapkan terima kasih kepada Louis Van Gaal yang mempunyai jasa dalam perkembangan karirnya.

"Saya sangat berterima kasih atas apa yang Van Gaal lakukan untuk saya. Sebelum ia dipecat, saya bermain enam kali. Aku belajar banyak selama periode itu, tandas Iniesta.

Van Gaal pernah membesut Barcelona selama dua periode. Pertama pada 1997-2000 dan yang kedua pada musim 2002/03.