Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Neville, Wayne Rooney Bermain Seperti Anak Jalanan

By Windu Puspa Ningtyas - Selasa, 16 Oktober 2012 | 12:55 WIB
Wayne Rooney (Scott Heavey/Getty Images)

Staf pelatih tim nasional Inggris, Gary Neville, mengaku sangat terkesan dengan penampilan Wayne Rooney. Pasca cedera sobek paha, striker Manchester United ini seperti lahir kembali dan memperlihatkan performa apik bersama Tim Tiga Singa.

Setelah menerima kritik atas penampilan buruk di awal pekan bersama Manchester United, Wayne Rooney langsung menggebrak bersama timnas Inggris. Sang striker sempat mengatakan bahwa masa penyembuhan pasca cedera telah memberikannya keuntungan waktu untuk istirahat karena kelelahan usai tur pra-musim.

Pada pertandingan kompetitif pertamanya sebagai kapten timnas Inggris, Wayne Rooney berhasil mencetak dua gol ke gawang San Marino pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2014. Melihat apa yang dilakukan Rooney, Gary Neville pun mengaku sangat terkesan.

"Penampilan terbaik Rooney adalah ketika dia bermain seperti anak jalanan, berusaha meraih bola, mau mengambil tendangan bebas, lemparan bola ke dalam, tackling, dan menyundul karena saat itu dia memiliki hasrat untuk menang. Setelah sembuh dari cedera, saya melihat dia berubah menjadi mesin pencetak gol," kata Gary Neville kepada BBC Radio Five Live.

Jika Rooney mampu mempertahankan permainan seperti itu, Neville yakin juniornya masih memiliki tempat di skuad utama Man. United. Pemain berusia 26 tahun itu memang memiliki saingan berat di level klub setelah kedatangan Robin van Persie dan penampilan impresif Danny Welbeck.

"Seringkali orang berpikir semuanya akan hilang ketika menginjak usia 26 tahun. Namun, hal itu tidak terjadi pada Paul Scholes dan Ryan Giggs. Kedua pemain hebat itu masih bisa bertahan hingga sekarang. Rooney masih harus terus berusaha meningkatkan permainannya hingga 10 tahun ke depan. Saya rasa Rooney harus mengadaptasi apa yang dilakukan Scholes dan Giggs," saran Neville.