Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Sebastian Vettel Belum Layak Disebut Pebalap Hebat

By Oka Akhsan M. - Rabu, 17 Oktober 2012 | 13:09 WIB
Sebastian Vettel (Clive Mason/Getty Images)

Mantan juara dunia Formula 1, Sir Jackie Stewart, merasa Sebastian Vettel belum pantas disebut pebalap hebat. Bahkan Stewart tidak akan mengubah pendapat tersebut meski Vettel meraih titel ketiga secara beruntun pada musim ini.

Sebastian Vettel baru saja meraih kemenangan penting di GP Korea, pada akhir pekan lalu. Raihan tersebut mengantar Vettel menggeser Fernando Alonso dari puncak klasemen sementara pebalap dan semakin dekat dengan gelar juara dunia musim ini.

Catatan impresif Vettel ternyata masih di anggap sebelah mata oleh Stewart. Stewart menyebut Vettel bisa berhasil karena disokong mobil Red Bull yang cepat.

"Seorang pebalap pasti mudah meraih gelar juara dunia jika memiliki mobil yang superior. Untuk menjadi pebalap hebat, seseorang harus membuktikan diri bisa sukses tanpa mesin terbaik," kata Stewart kepada BBC Sport.

"Jangan salah sangka. Saya adalah penggemar berat berat Sebastian vettel. Namun, saya merasa ia tidak akan bisa sukses tanpa faktor kela desain Red Bull, Adrian Newey," pungkas Stewart.

Meski mendominasi musim 2011/12, Vettel memulai musim ini dengan banyak masalah dan sempat tertinggal 39 poin dari Alonso. Namun, ia perlahan mulai bangkit dan kini unggul enam poin dengan empat seri tersisa.