Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Robbie Fowler Meminta Pelaku Diving Dihukum Berat

By Oka Akhsan M. - Rabu, 17 Oktober 2012 | 14:03 WIB
Robbie Fowler (Pete Norton/Getty Images)

pura jatuh yang belakangan marak terjadi di sepak bola Inggris. Fowler bahkan meminta pihak yang berwenang untuk menghukum berat si pelaku dengan larangan tampil dalam tiga laga.

Diving terus menjadi headline media-media Inggris pada awal musim ini. Salah satu sosok yang paling sering menjadi sorotan adalah bomber Liverpool, Luis Suarez, karena dianggap mudah sekali terjatuh meski hanya terjadi kontak minimal dengan pemain lawan.

Tak heran, aksi tidak sportif yang membanjiri Premier League membuat gerah Fowler yang pernah meraih UEFA Fair Play Award pada 1997. Meski demikian, Fowler juga mengklaim bukan hanya Suarez saja yang sering menipu wasit demi mendapat hadiah penalti atau tendangan bebas.

"Saya sangat membenci aksi diving. Sangat banyak pemain yang melakukan hal tak sportif itu. Namun, wasit terkadang sulit membedakan aksi diving karena kejadian tersebut terjadi sangat cepat. Namun, jika FA memberi hukuman tegas seperti larangan bermain, mungkin aksi tersebut bisa berkurang," kata Fowler kepada ESPNSTAR.com.

"Namun, media jangan hanya menyorot satu pemain saja. Banyak sekali pemain yang melakukan aksi kotor tersebut. Saya tahu reputasi Suarez saat ini. Namun, tidak adil rasanya jika ia terus dikritik sementara pemain lain lepas dari sorotan," pungkas Fowler.

<object width="425" height="350" data="https://www.youtube.com/v/BRbU1ChcHBA" type="application/x-shockwave-flash"> </object>