Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Revierderby Tak Kalah dengan Derby Manchester

By Ade Jayadireja - Kamis, 18 Oktober 2012 | 13:42 WIB
Borussia Dortmund vs Schalke 04. (Getty Images)

Bundesliga akan menyajikan duel seru antara Burussia Dortmund versus Schalke, Sabtu (20/10). Mantan pemain Jerman yang kini menjadi asisten pelatih Tottenham Hotspur, Steffen Freund, menilai laga bertajuk Revierderby itu sebanding dengan Derby Manchester di Inggris.

Revierderby merupakan derby yang paling tersohor di pentas Bundesliga. Jika menengok rekor pertemuan kedua tim sejak 1925, Schalke unggul dengan mengoleksi 50 kemenangan, 44 kekalahan, dan 33 kali seri.

Steffen Freund pun tak ingin ketinggalan menyaksikan rivalitas Dortmund dan Schalke. Ia meyakini bahwa laga tersebut akan berlangsung sengit.

"Pertandingan derby selalu spesial. Saya pikir Revierderby sebanding dengan derby Manchester atau partai Arsenal melawan Tottenham," kata Freund seperti dikutip Espnstar.

"Bisa dibilang Revierderby adalah pertandingan terbesar di Jerman, mengingat posisi kedua tim sangat dekat di papan klasemen."

"Ini adalah pertandingan besar bagi Schalke dan Dortmund. Pemenang akan bisa menipiskan jarak dari Bayern Muenchen yang kini menjadi pemuncak klasemen, sedangkan yang kalah akan lebih jauh tertinggal," imbuhnya.

Saat masih aktif sebagai pesepak bola, Freund juga pernah bermain untuk Dortmund dan Schalke. Akan tetapi, saat diminta untuk memilih tim mana yang akan menjadi pemenang, ia mengaku sulit untuk menjatuhkan pilihan.

"Taruhannya sangat tinggi kali ini. Terlalu sulit untuk diprediksi," tuntas pria berumur 42 tahun itu.