Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Timnas Butuh Uji Coba di Luar Negeri Lagi

By Frengky Aruan - Jumat, 19 Oktober 2012 | 13:52 WIB
Nilmaizar (Bolanews)

Pelatih tim nasional Indonesia, Nilmaizar merasa laga persahabatan yang telah dilakukan Elie Aiboy dkk. belumlah cukup. Oleh karena itu, mantan pelatih Semen Padang itu berharap PSSI mengagendakan laga uji coba selanjutnya bagi anak asuhnya.

"Kami berharap ada laga uji coba lagi, terutama di luar negeri. Saya yakin uji coba di luar negeri sangat bagus untuk membangun mental pemain mengingat kami akan bermain di kandang lawan," jelas Nilmaizar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (19/10).

"Pada laga menghadapi Vietnam di Hanoi, stadion benar-benar penuh dan penonton meneror para pemain. Untungnya, anak-anak tidak terpengaruh. Saya pikir, kondisi seperti di Hanoi itu bagus dan harus didapatkan anak-anak lagi," sambungnya.

Sejak tampil di babak Kualifikasi Piala Dunia melawan Bahrain, Februari lalu, timnas Indonesia sudah melakukan lima laga uji coba. Tiga di antaranya dilakukan di kandang lawan.

Setelah melawan Vietnam, timnas Indonesia sebenarnya dijadwalkan melakoni beberapa laga persahabatan lagi. Namun, seperti yang diakui oleh Koordinator Bob Hippy, sejumlah negara yang menjadi calon lawan timnas seperti Thailand, belum memberi  kejelasan.

Berikut daftar laga uji coba internasional yang sudah dilakukan timnas:

Filipina 2-2 Indonesia (Manila, 5 Juni 2012)

Indonesia 0-2 Korea Utara (Jakarta, 10 September 2012)

Indonesia 0-0 Vietnam (Surabaya, 15 September 2012)

Brunei DS 0-5 Indonesia (Bandar Seri Begawan, 26 September 2012)

Vietnam 0-0 Indonesia (Hanoi, 16 Oktober 2012)