Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Andik Gagal Cetak Gol, Timnas Kalah

By Erie Wicaksono - Sabtu, 20 Oktober 2012 | 17:20 WIB
Logo Batik Cup

23 gagal melaju ke partai final turnamen Batik Cup 2012. Kepastian ini diperoleh setelah dalam laga kontra Persis Solo di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (20/10), tim asuhan Aji Santoso kalah lewat drama adu penati. Kegagalan Andik Vermansyah mengeksekusi tendangan penalti menjadi pertanda bahwa timnas harus pulang.

Dalam laga yang dihadiri kelompok suporter Persis, Pasoepati, timnas Indonesia U-23 yang turun tanpa Andik Vermansyah sejak menit awal, begitu kesulitan. Yang mengkhawatirkan, timnas asuhan Aji Santoso nyaris kebobolan lewat upaya yang dilakukan Stefen Anderson pada menit ke-23.

Indonesia baru bisa bangkit beberapa menit kemudian. Sebuah gol yang dicetak oleh Abdul Rahman pada menit ke-33 dengan memanfaatkan umpan Fandi Eko Utomo, membuat tim asuhan Aji Santoso kian bersemangat. Pada menit ke-44 Indonesia mengubah kedudukan menjadi 2-0 lewat gol Fandi. Skor 2-0 bertahan dan menutup babak pertama.

Namun naas, kemenangan yang nyaris diraih Indonesia U-23 dalam waktu normal, hancur. Dalam sisa waktu 10 menit sebelum peluit panjang berbunyi, Laskar Samber Nyawa, julukan Persis, berhasil mencetak dua gol dan membuat laga berkedudukan imbang 2-2. Dua gol yang disumbangkan oleh Yusuf pada menit ke-80 dan Agus Jeno Wiantara pada menit ke-86, memaksa timnas langsung melanjutkan pertandingan ke babak tendangan penalti.

Dalam drama tersebut, hanya empat pemain timnas yang sukses menyarangkan bola ke gawang Persis. Ini berbeda dengan Persis, di mana seluruh penendang sukses menjalankan tugasnya. Atas hasil ini, Persis meraih tiket ke partai final. Mereka akan berjumpa dengan Persiba Bantul di Stadion Manahan, Minggu (21/10). Pada pertandingan sebelumnya, Persiba menang dengan skor 2-1 atas All Star Divisi Utama U-23.

Susunan Pemain

Timnas U-23: Aji Saka (Hidayat Brutu) (GK), Agoes Nova (Ryco Fernando), Agung Prasetyo, Indra Cahya, Dani Sahputra, Syahroni, Rasyid Bakri (Kurniawan Karman), Hendra A. Bayauw (Faris Bagus), Gazali M (Andik Vermansyah), Fandi Eko Utomo, A. Rahman (Bima Ragil S)

Cadangan: Hidayat Brutu (GK), Sigit Meiko Susanto, Ryco Fernando, Kurniawan Karman, Faris Bagus, Bima Ragil S, Safri Koto, Andik Vermansyah

Persis: I Komang Putra (GK), Arsela Vano (M Hasbi), Ariadi (Anis), Ariyuganda (Feryanto) (Yusuf), Romy, Agus Jeno Wiantara, Stefen Anderson, Yuned Wibowo, Dony F. Siregar, Ahmad Faizal (Feryanto) , Diego Mendieta (Roby Fajar)