Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Periode Paling Memuaskan Adalah Saat di Madrid

By Syamsul Arif - Sabtu, 20 Oktober 2012 | 22:14 WIB
Vicente del Bosque (Denis Doyle/Getty Images)

Pelatih Spanyol, Vicente del Bosque, menyatakan bahwa periode yang paling memuaskan selama karier kepelatihannya adalah pada saat ia membesut tim asal Ibukota Spanyol, Real Madrid.

Pada pekan ke-2 Oktober 2012 ini, Vicente del Bosque berada di Italia untuk menerima penghargaan Premio Nils Liedholm. Ketika diwawancarai La Stampa, del Bosque menyebutkan periode yang paling memuaskan dirinya pada karirnya di dunia sepakbola.

"Saya adalah seorang pria yang berasal dari Real Madrid. Pada dunia yang memiliki loyalitas yang rendah, saya menghabiskan waktu 40 tahun di klub yang sama. Pertama sebagai pemain, kemudian menjadi pelatih tim muda, dan juga menjadi pelatih tim utama. Itu telah memberi saya kepuasan melebihi dari apa pin, bahkan itu termasuk juga kekecewaan," kata del Bosque.

Vicente del Bosque melatih Real Madrid dalam tiga kesempatan. Kesempatan pertama yaitu pada 1994, sebelum digantikan oleh Jorge Valdano. Pada 1996, del Bosque mendapatkan kesempatan kedua melatih Real Madrid, tetapi ia hanya melatih Real Madrid di satu pertandingan dan dikembalikan lagi ke posisinya semula sebagai pelatih tim muda Real Madrid. Akhirnya, pada awal musim 1999/2000, del Bosque mendapatkan kepercayaan penuh dari Real Madrid untuk menukangi Real Madrid dan mampu bertahan pada posisinya selama empat musim.

Selama empat musim itu, ia berhasil mempersembahkan berbagai gelar bergengsi untuk Real Madrid. Tercatat, ia berhasil meraih 2 gelar La Liga, 2 gelar Liga Champion, 1 Piala Supercoppa de Espana, 1 Piala Super Eropa, dan 1 Piala Interkontinental.