Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Messi Hattrick, Barcelona Bungkam La Coruna 5-4

By Randy Wirawan - Minggu, 21 Oktober 2012 | 05:16 WIB
Lionel Messi (David Ramos/Getty Images)

4 atas tuan rumah Deportivo La Coruna, pada Minggu (21/10) dini hari WIB. Selain banjir gol, laga tersebut juga diwarnai hujan kartu kuning dan satu kartu merah untuk bek Blaugrana, Javier Mascherano.

Meski bertindak sebagai tamu, Barcelona tetap bermain menyerang sejak menit pertama. Hasilnya, Jordi Alba langsung mencetak gol pada menit ketiga setelah menerima umpan terobosan dari Cesc Fabregas.

Hanya butuh waktu lima menit bagi Barcelona untuk memperbesar keunggulan. Menerima bola dari Lionel Messi, Cristian Tello sukses menggetarkan jala Daniel Aranzubia setelah terlebih dulu mengecoh pemain bertahan La Coruna.

Messi tak mau ketinggalan menyumbang gol. Bintang asal Argentina itu mencetak gol ketiga Barcelona usai memanfaatkan assist kedua Fabregas pada menit ke-18.

La Coruna mendapat peluang memperkecil kekalahan lewat titik penalti pada menit ke-26 setelah Mascherano dianggap menjatuhkan Ivan Riki di kotak terlarang. Pizzi yang menjadi eksekutor tak menyia-nyiakan peluang emas tersebut untuk mengubah papan skor menjadi 3-1.

Pertandingan semakin menarik ketika La Coruna mencetak gol kedua lewat tendangan Alex Bergantinos yang tak mampu ditangkap dengan baik oleh Victor Valdes. Namun, babak pertama ditutup dengan skor 4-2 untuk Barcelona setelah Messi kembali mencetak gol pada menit ke-43.

La Coruna langsung tancap gas selepas turun minum. Pizzi kembali mencetak gol lewat tendangan bebas maut yang tak mampu dijangkau Valdes untuk mengubah memperkecil kekalahan La Coruna menjadi 3-4.

Tuan rumah mendapat angin segar setelah Barcelona harus bermain dengan 10 orang sejak menit ke-49. Mascherano terpaksa diusir keluar lapangan karena mendapat kartu kuning kedua usai menyikut Riki.

Saat tengah berusaha mengejar ketertinggalan, gawang La Coruna justru kembali dibobol Messi yang mencetak hattrick pada menit ke-77. Namun, La Coruna kembali mengejar setelah Alba mencetak gol bunuh diri dua menit berselang. Meski demikian, Barcelona mampu mempertahankan kemenangan 5-4 hingga laga berakhir.

Tambahan tiga poin membuat Barcelona semakin kokoh di puncak klasemen sementara dengan koleksi 22 poin. Skuad asuhan Tito Vilanova itu juga masih belum pernah tersentuh kekalahan dari delapan laga awal musim ini. Sedangkan La Coruna masih terdampar di posisi ke-18 karena baru meraih enam poin.