Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tito Vilanova Pertanyakan Kinerja Wasit

By Windu Puspa Ningtyas - Minggu, 21 Oktober 2012 | 09:41 WIB
Tito Vilanova (Martin Rose/Getty Images)

4 di Estadio Municipal de Riazor. Meski meraih tiga poin, Tito Vilanova mengaku mempertanyakan kinerja wasit. Kebobolan empat gol, sang pelatih tetap memberikan dukungan kepada Victor Valdes.

Tito Vilanova menyatakan bingung terhadap beberapa keputusan yang dibuat oleh wasit Jose Pardas. Pasukan Blaugrana yang telah memimpin tiga gol di 20 menit awal, terpaksa harus kehilangan Javier Mascherano karena dihadiahi kartu merah di menit 49. Menurut sang pelatih, hal tersebut memberi keuntungan pada tuan rumah untuk mengejar ketinggalan.

"Anda sebagai jurnalis dapat melihat segalanya di lapangan. Penalti La Coruna telah menghancurkan ritme permainan kami. Terlepas dari itu, saya belum pernah melihat tim bermain sangat fantastis di 20 menit pertama. Saya memasukkan Xavi karena Mascherano dikartu merah. Bermain dengan 10 orang, tentu kami butuh tenaga segar dan pemain yang mampu mengontrol pertandingan," kata Tito Vilanova.

Kerasnya pertandingan tersebut tercermin dari banyaknya jumlah gol dan kartu kuning yang diberikan wasit. Meski kebobolan empat gol, Vilanova menolak untuk menyalahkan Victor Valdes.

"Valdes telah memberikan kontribusi besar bagi tim dan saya rasa kami tidak perlu meragukannya."

Kiper berusia 30 tahun itu selalu menjadi pilihan utama Vilanova. Sepanjang musim 2012/13, Valdes telah kebobolan 11 gol di delapan pertandingan.