Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Lionel Messi Memburu Rekor Pele dan Gerd Mueller

By Yudhi F. Oktaviadhi - Senin, 22 Oktober 2012 | 23:55 WIB
Lionel Messi (David Ramos/Getty Images)

Mega bintang Barcelona, Lionel Messi, bersiap mengukir rekor baru. Usai mencetak trigol ke gawang Deportivo La Coruna pada akhir pekan lalu, kapten tim nasional Argentina itu total telah mengemas 71 gol sepanjang 2012 dan selangkah lagi melewati rekor milik dua striker legendaris, Pele dan Gerd Mueller.

Rekor gol dalam setahun hingga saat ini masih dipegang oleh bomber Brasil, Pele, dengan 75 gol pada 1959, dan juru gedor Jerman, Gerd Mueller, dengan 85 gol pada 1972. Messi jelas berpeluang besar mematahkan rekor tersebut mengingat 2012 masih menyisakan dua bulan lagi.

Messi masih memiliki 15 pertandingan pada tahun ini, 13 untuk Barcelona dan dua untuk Argentina. Jika tak diganggu cedera dan terus mencetak minimal satu gol di setiap laga, maka Messi bisa melewati catatan Mueller dan mengukir rekor baru.

Messi kini telah mengoleksi 44 gol untuk Barcelona di La Liga sepanjang 2012. Catatan tersebut mengalahkan rekor 43 gol milik bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, yang diukir pada tahun lalu.