Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Menotti, Lionel Messi Lebih Superior dari Ronaldo

By Syamsul Arif - Selasa, 23 Oktober 2012 | 20:24 WIB
Cesar Luis Menotti (Football-espana.net)

Mantan pelatih tim nasional Argentina, Cesar Luis Menotti, menyatakan bahwa Lionel Messi masih yang terdepan untuk meraih Ballon d'Or 2012. Menotti juga mengeluarkan pendapatnya mengenai gaya permainan dua tim besar di Spanyol, Barcelona dan Real Madrid.

Menotti adalah pelatih yang menangani Argentina pada Piala Dunia 1978. Pada saat itu Argentina bertindak sebagai tuan rumah dan mampu memenangi gelar Piala Dunia pertamanya.

Pertama, Menotti mengutarakan pendapatnya mengenai permainan yang ditunjukkan oleh Real Madrid.

"Madrid dapat bermain dengan jauh lebih baik dan saya mengatakan hal ini dengan hormat kepada Jose Mourinho. Semua orang ingin bermain dengan cara yang mereka lakukan. Madrid bermain menggunakan kekuatan dari posisi mereka, dengan kualitas yang dimiliki pemainnya," kata Menotti kepada Football Espana.

Selanjutnya Menotti mengomentari penampilan Barcelona.

"Tahun ini mereka tidak tampil bagus di lini pertahanan. Hal itu tidak ada hubungannya dengan tim atau apa pun."

"Sinkronisasi mereka dengan Dani Alves, Carles Puyol, Gerard Pique, dan Eric Abidal adalah kombinasi sempurna, ditambah Sergio Busquets. Namun, sekarang pemain mereka banyak mengalami cedera. Ide permainan mereka tetap sama, tetapi efisiensi di lini pertahanan tidak lagi sama."

Terakhir. Menotti mengeluarkan pendapatnya mengenai siapa yang lebih pantas antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, yang berhak mendapatkan Ballon d'Or 2012.

"Perbedaan antar keduanya cukup besar. Menurut saya, Lionel Messi sangat superior," tutup pria berusia 73 tahun ini.