Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Filipina Terancam Tampil Tanpa Kiper Utama

By Erie Wicaksono - Rabu, 24 Oktober 2012 | 22:44 WIB
Neil Etheridge (Fulham FC)

Kiper utama Filipina, Neil Etheridge, terancam tidak bisa ikut di AFF 2012. Neil yang bermain untuk klub Liga Premier Inggris, Fulham, baru saja memperpanjang masa pinjaman di Bristol City selama satu bulan, hingga akhir Desember 2012.

"Melewatkan AFF 2012 bersama negara saya, merupakan hal yang berat. Kemungkinan saya memperkuat Tim Nasional Filipina sangat keci," ucap Neil kepada ABS-CBN Europe.

Absennya Neil, jelas membuat kubu Filipina harus memutar otak. Pelatih Kepala, Michael Weiss, sadar bahwa ia harus membentuk tim tanpa pemain bintangnya yang bermain di luar negeri. Neil menjadi salah satu andalan Filipina ketika AFF 2010, dimana ia berhasil membawa tim nasionalnya mencapai babak semi final.

Weiss saat ini berharap kepada kiper andalan berikutnya yang merumput bersama MSV Duisburg, Roland Muller, bisa tampil pada AFF 2012. Muller berhasil tampil apik saat uji coba melawan Bahrain, menjaga selama 90 menit tanpa satu bola bersarang ke gawangnya.

Pada AFF 2012, Filipina tergabung bersama Myanmar, Vietnam, dan Thailand. Pertandingan pertama, mereka akan langsung menghadapi Thailand, Sabtu (24/11).