Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rio Ferdinand, Saya Akan Jabat Tangan John Terry

By Windu Puspa Ningtyas - Kamis, 25 Oktober 2012 | 14:30 WIB
Rio Ferdinand (Richard Heathcote/Getty Images)

Ferdinand bersaudara, belakangan kerap muncul di media Inggris terkait kasus rasisme yang melibatkan John Terry dan Ashley Cole. Namun, saat ini Rio dan Anton Ferdinand diberitakan telah bersedia untuk menjabat tangan kedua pemain Chelsea tersebut sebelum pertandingan Premier League.

Bek Manchester United dan Queens Park Rangers, Rabu malam (24/10) waktu setempat mengatakan mereka akan menyudahi pertikaian dengan Terry dan Cole. Pasukan Sir Alex Ferguson akan berhadapan dengan Chelsea pada Minggu (28/10) pukul 23.00 WIB. Rio Ferdinand mengatakan dirinya akan menjabat tangan Terry dan Cole meski keduanya telah terbukti bersalah atas kasus rasis yang menimpa sang adik.

Rio Ferdinand sempat sangat marah kepada Terry setelah kapten The Blues itu melontarkan kata-kata berbau rasis kepada Anton. Bek Setan Merah itu juga menyatakan bahwa hukuman yang diberikan FA masih terlalu ringan.Terry didenda 220 ribu pounds atau sekitar 3, 4 miliar rupiah dan larangan bertanding selama empat kali.

Namun, Rio juga harus menerima denda sebesar 45 ribu pounds atau sekitar 695 juta rupiah setelah melontarkan pernyataan berbau rasis di akun Twitternya untuk Ashley Cole. Rio menganggap Cole yang notabene juga berkulit hitam, telah membela Terry yang terbukti telah bersalah.

Anton masih belum mau berjabat tangan ketika PQR bertemu Chelsea pada pekan keempat. Namun, niat Rio untuk menjabat tangan Terry harus tertunda. Sang kapten belum dapat diturunkan karena masih menjalani masa hukuman larangan bertanding.