Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Gheorghe Hagi Mau ke Barcelona Karena Johan Cruyff

By Oka Akhsan M. - Sabtu, 27 Oktober 2012 | 13:22 WIB
Gheorghe Hagi kala berkostum Barcelona. (Clive Brunskill/Getty Images)

Legenda Rumania, Gheorghe Hagi, mengungkap alasan di balik kepindahan ke Barcelona pada 1994. Hagi mengaku tertarik membela Blaugrana karena keberadaan sosok pelatih legendaris, Johan Cruyff.

Gheorghe Hagi bergabung dengan Barcelona yang dilatih Cruyff setelah tampil impresif bersama tim nasional Rumania di Piala Dunia 1994. Hagi kembali mengenang masa-masa tersebut seraya memuji Cruyff yang disebut telah banyak membantu selama berkarier di Camp Nou.

"Saya bergabung dengan Barcelona pada 1994 karena dilatih Cruyff. Ia merupakan yang terbaik dan sosok luar biasa. Saya bisa mengeluarkan potensi terbaik saya ketika menjadi anak asuhnya," kata Hagi kepada situs resmi FIFA.

"Saat masih kecil, saya memang jarang sekali menonton pertandingan internasional. Meski demikian, saya tahu jika pemain terbaik di dunia adalah Cruyff," lanjut Hagi.

Hagi merumput di Barcelona selama dua musim dari 1994 hingga 1996. Ia kemudian hengkang ke Turki untuk bergabung dengan Galatasaray dan mengakhiri karier di sana.

<object width="425" height="350" data="https://www.youtube.com/v/c1fMbkv_tws" type="application/x-shockwave-flash"> </object>