Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Carlos Tevez Bawa Man. City Ungguli Swansea

By Randy Wirawan - Minggu, 28 Oktober 2012 | 02:10 WIB
Carlos Tevez (Clive Brunskill/Getty Images)

0 atas Swansea City pada Sabtu (27/10). Bahkan sebiji gol yang diraih dalam laga kandang di Etihad Stadium ini pun sedikit berbau keberuntungan.

Pasalnya, gol The Citizens yang lahir pada menit ke-61 tercipta melalui aksi individu Carlos Tevez. Setelah tendangan keras penyerang asal Argentina ini dari luar kotak penalti tak mampu dihalau kiper Swansea, Michel Vorm, yang harus ditarik keluar lapangan akibat cedera usai berusaha menggagalkan sepakan Tevez.

Bermain di kandang sendiri, Manchester City gagal menunjukkan superioritasnya sebagai juara bertahan Premier League. Maklum, tim tamu mampu mencatatkan keunggulan 52 persen dalam penguasaan bola.

Manchester Biru patut berterima kasih atas penampilan apik Joe hart di bawah mistar gawang. Penjaga gawang utama tim nasional Inggris ini mampu beberapa kali menahan serangan Swansea. Aksi heroik Hart terutama terjadi pada menit ke-40 setelah menggagalkan peluang emas Michu yang sebelumnya lolos dari jebakan off-side.

Aksi spektakuler Joe Hart kembali tercipta ketika 10 menit babak kedua berjalan. Sundulan Michu, yang berdiri tepat di depan gawang, kembali mampu diantisipasi Hart.

Keputusan manajer Manchester City, Roberto Mancini, dengan memasukkan Mario Balotelli pada awal babak kedua untuk menggantikan Aleksandar Kolarov pun tak berbuah hasil. Mengingat penyerang bengal asal Italia ini terlihat lebih menonjolkan permainan individunya.

Berkat kemenangan ini, Manchester City berada di peringkat kedua klasemen sementara dengan raihan 21 poin dari sembilan laga. The Citizens pun kini menempel ketat pemuncak klasemen, Chelsea, yang baru akan menjalani partai bigmatch pada Minggu (28/10), kontra tim peringkat ketiga, Manchester United.

Sementara itu, Swansea tetap berada di papan tengah dengan raihan 11 angka berkat hasil tiga kemenangan, dua kali seri, dan empat kekalahan.

Susunan Pemain

Manchester City: Hart; Richards (85' Kolo Toure), Kompany, Nastasic, Clichy; Yaya, Barry; Nasri, Tevez, Kolarov (46' Balotelli); Aguero (95' Lescott).

Swansea: Vorm (62' Gerhard Tremmel); Rangel, Williams, Chico, Davies; Britton (72' Danny Graham), Ki, De Guzman; Routledge, Michu, Hernandez (78' Nathan Dyer).