Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Performa Apik Riccardo Montolivo Selamatkan Milan

By Okie Prabhowo - Rabu, 31 Oktober 2012 | 04:50 WIB
Riccardo Montolivo usai cetak gol pertama AC Milan. (Getty Images)

2 pada laga tengah pekan Serie A, Rabu (31/10) dini hari WIB. Performa yang apik dari gelandang I Rossoneri, Riccardo Montolivo, membuat timnya terhindar dari kekalahan memalukan.

Babak pertama dimulai Palermo justru yang lebih banyak menguasai bola terutama di 20 menit awal. Kreasi serangan Palermo terlihat lebih efektif dibanding yang dilakukan para pemain AC Milan.

Palermo bahkan menciptakan beberapa kesempatan bagus untuk mencetak gol. Terutama untuk striker Palermo, Fabrizio Miccoli yang hampir saja membuat gol bila saja tendangannya tidak terus-menerus melebar di samping gawang yang dijaga kiper Marco Amelia.

Milan bukan tanpa ada kesempatan. Dua kali tendangan keras Antonio Nocerino tepat mengarah di pelukan kiper Samir Ujkani.

Miccoli yang berkali-kali mendapatkan kesempatan akhirnya dapat mencetak gol melalui titik penalti pada menit ke-46. Penalti diraih ketika Miccoli dengan sengaja menendang bola ke arah tangan bek Milan, Ignazio Abate. Babak pertama usai dengan skor 1-0 untuk keunggulan Palermo atas Milan.

Babak kedua baru berjalan satu menit, Franco Brienza, yang menerima umpan dari Egidio Arevalo, menendang bola di luar kotak penalti. Amelia hanya mampu pandangi bola masuk ke gawang Milan, Palermo unggul 2-0.

Masuknya Giampaolo Pazzini dan Bojan Krkic pada babak kedua menit ke-54 ternyata membuat serangan Milan berkembang. Hasilnya Montolivo mampu mencetak gol pada menit ke-69 setelah menerima umpan silan mendatar Bojan. Montolivo mengarahkan tendangannya di pojok kanan bawah gawang yang dijaga Ujkani. Skor berubah, Palermo 2-1 AC Milan.

Palermo justru agak mengendurkan serangan dan membuat lubang di lini tengah. Hal ini yang dimanfaatkan Milan melalui kreasi serangan yang dilakukan Montolivo. Hasilnya Stephan El Shaarawy yang melihat kiper Ujkani terjatuh usai menepis umpan lambung Abate, menyambar bola muntahan tersebut. El Shaarawy cetak gol ketujuhnya di Serie A pada menit ke-80.

Milan yang terus menekan pertahanan Palermo melalui kreasi dari Montolivo dan Urby Emanuelson belum juga dapat membuat I Rossoneri memenangi laga. Kedudukan imbang 2-2 bertahan hingga usai pertandingan.

Susunan Pemain: