Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Versi Animasi Dari Gol Diego Maradona

By Yudhi F. Oktaviadhi - Jumat, 2 November 2012 | 04:01 WIB
Animasi gol Diego Maradona ke gawang Inggris pada Piala Dunia 1986. (inbedwithmaradona.com)

Seniman asal Inggris, Richard Swarbrick, membuat animasi dari video pertandingan sensasional yang diperankan legenda Argentina, Diego Maradona. Swarbrick dikenal luas setelah membuat animasi momen trigol Striker Tottenham Hotspur, Gareth Bale ke gawang Internazionale di Liga Champion.

Setahun setelah karya animasi Gareth Bale terkenal, Swarbrick memutuskan untuk bekerja sama dengan rekannya, Christopher Platt, untuk membuat pameran yang bertajuk 'Fantasista, The Art of The Number 10', pada musim panas 2013. Dalam pameran tersebut akan hadir video-video animasi pertandingan sepak bola yang dilakoni pemain dengan nomor punggung 10.

"Saya sebelumnya memiliki ide untuk membuat pameran dari karya yang dibuat dan Christopher bersedia untuk membantu. Kemudian percakapan mengarah pada pembuatan pameran untuk seniman sepak bola," ujar Swarbrick di Football Italia.

Rencananya pameran akan dimulai di kota Manchester, Inggris. Dua karya video animasi yang sudah tampil dalam situs Fantasista yaitu laga El Clasico saat Barcelona menang 5-0 atas Real Madrid dan yang teranyar yaitu Gol Maradona ke gawang Inggris pada Piala Dunia Meksiko 1986.

Berikut dua video karya Richard Swarbrick.

<object width="425" height="350" data="https://www.youtube.com/v/CSHVZmvJjtM" type="application/x-shockwave-flash"> </object>

<object width="425" height="350" data="https://www.youtube.com/v/uGUtpF2n5aM" type="application/x-shockwave-flash"> </object>