Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rosell Usulkan Perombakan Sistem Liga di Spanyol

By Syamsul Arif - Jumat, 2 November 2012 | 15:08 WIB
Sandro Rosell (Tom Dulat/Getty Images for Laureus)

besaran pada sistem kompetisi di Spanyol dan Eropa. Rosell mengusulkan pengurangan tim di La Liga, penambahan tim di La Segunda, dan penambahan kuota tim untuk Liga Champion dan Liga Europa.

Sejak awal 2012, Sandro Rosell telah berusaha untuk mewujudkan gagasannya mengenai perombakan itu. Tujuan utama gagasannya ditengarai karena padatnya jadwal yang harus dijalani klubnya saat ini dan minimnya kesempatan bagi tim-tim kecil Eropa untuk dapat berlaga di kompetisi tertinggi klub Eropa, Liga Champion.

Seperti dilaporkan Cadena Ser, Rosell ingin La Liga hanya diikuti oleh 16 klub. Pada musim 2012/13, jumlah tim di La Liga masih 20 klub dan masing-masing klub akan bermain sebanyak 38 kali. Apabila idenya untuk mengurangi jumlah tim itu terwujud, maka masing-masing klub akan mendapat pengurangan delapan pertandingan (dari jumlah pertandingan di musim 2012/13) per musimnya.

Setelah La Liga diikuti oleh 16 klub, maka akan ditentukan delapan tim teratas pada klasemen akhir berhak untuk mewakili Spanyol di Liga Champion. Sedangkan, emapt tim di bawahnya akan mewakili Spanyol di ajang Liga Europa. Untuk yang lolos ke Liga Champion, enam tim langsung masuk ke babak penyisihan grup dan dua tim ke babak kualifikasi Liga Champion.

Untuk perubahan di Liga Champion, Rosell mengungkapkan idenya untuk membuat Liga Champion putaran grup pertama akan diikuti 64 tim. Semua tim itu akan dibagi ke dalam 16 grup, yang berisi masing-masing empat tim. Dua peringkat teratas di tiap grup akan melaju ke fase selanjutnya, yaitu babak yang menggunakan sistem gugur dan home-away dan akan berisi 32 tim.

Gagasan Rosell juga menyentuh sistem di La Segunda. Pada musim 2012/13, La Segunda masih diikuti 22 tim dan jatah promosi ke La Liga akan diberi kepada tiga tim teratas. Ia berencana untuk mengubah sistem itu dengan membagi La Segunda menjadi dua grup. Masing-masing grup akan berisi 16 klub. Peringkat pertama di masing-masing grup akan langsung promosi ke La Liga. Sedangkan tim peringkat dua sampai empat di masing-masing grup akan bersaing dalam pertandingan play-off untuk memperebutkan satu tiket promosi ke La Liga.

Perubahan yang ditawarkan oleh Sandro Rosell memang cukup radikal dan tidak mungkin diwujudkan dalam waktu satu dan dua tahun ke depan. Namun, menarik ditunggu apakah gagasan yang diutarakan Rosell ini akan mendapat sambutan positif dari Federasi Sepak Bola Spanyol dan UEFA.