Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Fergie vs Wenger, Rivalitas Berbalut Persahabatan

By Adil Pradipta - Sabtu, 3 November 2012 | 00:01 WIB
Arsene Wenger dan Sir Alex Ferguson (Clive Brunskill/Getty Images)

Prestasi hebat Manchester United dan Arsenal tak terlepas dari tangan dingin arsitek kedua tim. Wajar bila perseteruan kedua klub papan atas Premier League ini baru memanas setelah Red Devils ditukangi Sir Alex Ferguson (pada 1986) dan Arsenal memakai jasa Arsene Wenger (1996).

Soal rekor pertemuan antar kedua manajer ini, Sir Alex Ferguson boleh berbangga hati. Maklum, selama bentrok 47 kali, Fergie mencatat 21 kemenangan berbanding 15. Sementara itu, 11 partai berakhir imbang.

Kedua manajer ini pun bakal menjadi sorotan kala keduanya melangsungkan pertemuan ke-48 saat Manchester United menjamu Arsenal di Old Trafford pada Sabtu (3/11).

Akan tetapi, jangan harap kondisi panas di lapangan hijau bakal terjadi di luar lapangan. Pasalnya, dua dedengkot Premier League ini dikenal telah menjalin persahabatan yang cukup akrab.

Hal ini terbukti dari komentar Jose Mourinho ketika masih menukangi Chelsea pada 2004. "Saya telah menghadiri pertemuan UEFA dalam tiga atau empat tahun terakhir dan bertemu dengan mereka berdua. Kami semua saling mengenal, tapi mereka berdua memiliki hubungan yang sangat baik dan menghormati satu sama lain," kata Mourinho di laman BBC pada Oktober 2004.

"Mereka makan bersama di satu meja dan berbicara mengenai sepak bola," lanjut pria asal Portugal yang kini melatih Real Madrid ini.