Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Wasit Premier League Berencana Boikot Laga Chelsea

By Okie Prabhowo - Sabtu, 3 November 2012 | 23:35 WIB
Clive Wilkes (kiri) ( Alex Livesey /Allsport )

Mantan wasit Premier League, Clive Wilkes, menyatakan bahwa beberapa wasit di Premier League 2012/13 memiliki rencana untuk memboikot pertandingan yang melibatkan Chelsea. Hal ini muncul karena tuduhan tindakan rasis yang dilakukan Mark Clattenburg kepada John Obi Mikel.

Wasit Mark Clattenburg ditunding melakukan komentar rasis kepada pemain tengah Chelsea, John Obi Mikel, pada pertandingan antara Chelsea dan Manchester United, Minggu (28/10) malam WIB, di Stamford Bridge. Pertandingan itu dimenangi oleh United dengan skor 3-2. Setelah pertandingan itu, Chelsea mengadukan tindakan yang dilakukan Clattenburg kepada pemainnya itu kepada Federasi Sepak Bola Inggris (FA).

Clive Wilkes menyatkan bahwa Clattenburg mendapat dukungan dari semua rekannya atas masalah yang tengah dihadapinya.

"Saya tetap berhubungan dengan banyak wasit yang saat ini masih bertugas. Mereka memiliki perasaan yang terpendam mengenai apa yang terjadi pada rekan mereka, Mark Clattenburg," kata Wilkes kepada The Sun.

"Saya tahu beberapa wasit memiliki rencana untuk memboikot pertandingan yang melibatkan Chelsea karena hal yang terjadi pada rekan mereka itu. Mereka sangat kecewa. Mereka merasa rentan dan tidak mendapatkan dukungan."

"Mereka ingin mengungkapkan perasaan mereka itu kepada publik, tetapi mereka terlalu takut. Mereka takut akan dpecat apabila  mengumumkan keluhan mereka mengenai hal itu. Bahkan mereka juga memikirkan pilihan untuk melakukan aksi mogok. Namun, itu adalah pilihan yang paling akhir yang mungkin diambil," tutup Wilkes.

Mengenai aduan yang dilakukan Chelsea kepada FA itu, Manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson, telah menyatakan dukungannya kepada Mark Clattenburg. Tak ketinggalan, Manajer Arsenal, Arsene Wenger, telah mengutuk tuduhan yang dilakukan Chelsea kepada Mark Clattenburg.