Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tekuk Celta 3-1, Barcelona Mengukir Rekor Baru

By Adil Pradipta - Minggu, 4 November 2012 | 02:24 WIB
Adriano, merayakan gol pertama Barcelona. (David Ramos/Getty Images)

1 atas Celta Vigo di Camp Nou, pada Minggu (4/11) dini hari WIB. Tambahan tiga poin di jornada ke-10 ini membuat Blaugrana mencatat start terbaik di La Liga sepanjang masa dengan mengoleksi 28 poin.

Tito Vilanova berhasil melewati rekor sebelumnya yang dipegang oleh pelatih asal Belanda, Louis van Gaal, pada musim 1997/98. Saat itu, Van Gaal sukses mengantar Rivaldo dkk. meraih total 25 poin dari sembilan pekan pembuka hasil delapan kemenangan dan satu imbang.

Barcelona unggul terlebih dulu lewat gol yang dicetak bek kanan, Adriano, pada menit ke-21. Menerima umpan silang dari Pedro Rodriguez, pemain asal Brasil itu berhasil menyambar bola yang tak mampu dihadang kiper Celta Vigo, Javi Varas.

Publik tuan rumah sempat dikejutkan gol balasan Celta yang diciptakan Mario Bermejo tiga menit berselang. Mendapat bola muntah hasil tendangan Alex Lopez yang ditepis Victor Valdes, Bermejo berhasil mencocor bola ke gawang yang telah lowong.

Namun, Barcelona kembali unggul berkat gol yang diciptakan David Villa dua menit kemudian. Bomber tim nasional Spanyol itu sukses memanfaatkan umpan matang dari Andres Iniesta yang melakukan penetrasi di sisi kanan pertahan Celta. Skor 2-1 untuk keunggulan Blaugrana bertahan hingga jeda.

Barcelona berhasil memperbesar keunggulan menjadi 3-1 pada menit ke-61 lewat gol kontroversial Jordi Alba. Bek kiri Blaugrana itu terlihat sudah terperangkap offside ketika menerima umpan tumit Villa sebelum mengecoh Varas dan mencetak gol dengan mudah.

Publik tuan rumah sempat dibuat was-was ketika sang mega bintang, Lionel Messi, terkapar setelah mendapat terjangan dari pemain belakang Celta. Meski terlihat berjalan agak terpincang-pincang, namun Messi akhirnya kembali ke lapangan dan bermain hingga laga usai.

Kemenangan ini membuat Barcelona semakin kokoh di puncak klasemen sementara La Liga dengan keunggulan tiga poin atas pesaing terdekat, Atletico Madrid. Sedangkan kekalahan membuat posisi Celta merosot ke peringkat 14 dengan koleksi 10 poin.

Susunan pemain:

Barcelona: 1-Victor Valdes; 21-Adriano Correia (2-Dani Alves 38'), 14-Javier Mascherano, 16-Sergio Busquets, 18-Jordi Alba; 4-Cesc Fabregas (Marc Bartra 45'), 6-Xavi Hernandez, 8-Andres Iniesta; 7-David Villa (9-Alexis Sanchez 78'), 10-Lionel Messi, 17-Pedro Rodriguez

Celta Vigo: 13-Javi Varas; 2-Hugo Mallo, 3-Roberto Lago, 6-Jonathan Vila, 5-Andres Tunez; 4-Borja Oubina, 8-Alex Lopez (18-Park Chu-Young 80'), 23-Michael Krohn-Dehli, 24-Augusto Fernandez (20' Toni 88'); 9-Mario Bermejo (22-Enrique De Lucas 69'), 10-Iago Aspas.

<object width="425" height="350" data="https://www.youtube.com/v/k2SUmgIvQbw" type="application/x-shockwave-flash"> </object>