Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Essien Tolak Bela Ghana di Piala Afrika 2013

By Syamsul Arif - Minggu, 4 November 2012 | 23:19 WIB
Michael Essien (Gonzalo Arroyo Moreno/Getty Images)

Pemain tengah Real Madrid, Michael Essien, dikabarkan telah menolak panggilan untuk memperkuat tim nasional Ghana pada turnamen Piala Afrika 2013 di Afrika Selatan. Essien beralasan bahwa ia ingin fokus untuk kembali menemukan bentuk permainan terbaiknya.

Seperti yang dilaporkan Football Espana, Michael Essien telah memberitahu Federasi Sepak Bola Ghana (GFA) bahwa ia menolak untuk memperkuat tim nasional pada turnamen Piala Afrika 2013 karena ia ingin fokus untuk kembali menemukan bentuk permainan terbaiknya. Ia berjanji akan kembali memperkuat Ghana pada bulan Maret 2013, dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2014.

Sebelumnya, setelah Piala Dunia 2010, Essien telah menyatakan pengunduran diri sementaranya dari tim nasional Ghana. Hal itu dikarenakan cedera parah yang dideritanya sebelum gelaran Piala Dunia 2010 yang memaksanya melewatkan turnamen akbar itu. Selain itu, ia juga ingin fokus pada kariernya di klubnya, ketika itu ia masih membela Chelsea.

Michael Essien telah membela Ghana sejak 2002 dengan tampil di 52 pertandingan dan mencetak sembilan gol. Pada musim 2012/13, Essien membela klub asal Ibukota Spantol, Real Madrid. Ia merupakan pemain pinjaman dari Chelsea, dan akan menetap untuk Los Galacticos selama musim ini berjalan.