Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Iker Casillas Catat Rekor Baru

By Adil Pradipta - Senin, 5 November 2012 | 09:34 WIB
Iker Casillas (Helios de la Rubia/Getty Images)

Kemenangan Real Madrid atas Real Zaragoza berarti ganda bagi kiper sekaligus kapten Iker Casillas. Selain meraih tiga poin, pada laga itu Casillas juga berhasil mencatat rekor pribadi di kancah sepak bola Spanyol.

Laga melawan Zaragoza menjadi koleksi caps ke-467 untuk Casillas di pentas Liga BBVA. Torehan itu membuat ia berhasil melampaui catatan milik eks kiper Athletic Bilbao, Iribar, dengan 466 caps di Liga BBVA.

Catatan itu teramat istimewa karena Casillas dan Iribar meraihnya hanya bersama satu klub. Sementara itu, beberapa kiper dengan koleksi caps di atasnya, tidak ada yang mampu meraih bersama satu klub.

Sebut saja Andoni Zubizarreta, yang menjadi pengoleksi caps terbanyak di Liga BBVA dengan 622 laga. Mantan kiper timnas Spanyol itu meraihnya bersama Bilbao, Barcelona, dan Valencia.

Di bawah Zubizarreta ada Buyo, yang menorehkan 542 caps bersama Sevilla dan Madrid, lalu Espinola yang mencatat 469 caps bersama Real Sociedad dan Real Betis.

Namun, urusan meraih kemenangan, Casillas cuma kalah dari Zubizarreta. Casillas mengoleksi 303 kemenangan dari 467 caps, sedangkan Zubizarreta mencatat 333 kemenangan dari 622 laga.

Jika khusus kategori kiper Casillas berada di urutan keempat, secara keseluruhan dia mampu bertengger di posisi 12 pebola dengan caps terbanyak di Liga BBVA. Peringkat teratas masih ditempati Zubizarreta, disusul mantan kapten Madrid, Raul Gonzalez dengan 550 caps.

Laporan: Tribunnews/Toni Bramantoro