Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rivera, Pemain Muda Madrid Harus Berjuang

By Windu Puspa Ningtyas - Senin, 5 November 2012 | 10:39 WIB
Alberto Rivera (Jamie McDonald/Getty Images)

Midfielder Elche, Alberto Rivera, mengungkapkan pengalamannya di Real Madrid. Menurutnya para pemain Los Blanchos harus berjuang untuk meraih posisi utama tim.

Pemain berusia 34 tahun itu pernah bergabung di Real Madrid pada 1994-2002 tetapi hanya bermain sebanyak tiga kali. Pertama kali bergabung di Santiago Bernabeu, Rivera masih berumur 17 tahun. Setelah itu Rivera dipinjamkan ke Numancia dan Marseille, lalu bergabung bersama Levante, Real Betis, Sporting Gijom, dan sekarang Elche.

Menurut Rivera, para pemain muda tidak boleh bersantai ntuk mampu bersinar di level klub dan timnas. Teringat pengalamannya di Santiago Bernabeu, Rivera mengingatkan pemain muda untuk fokus terhadap tugas mereka yang diberikan sang pelatih.

"Jika saya harus memeri saran kepada para pemain muda, saya akan katakan bahwa mereka tidak boleh santai karena harus bersaing. Saya membuat debut bersama Real Madrid dan timnas Spanyol di usia muda. Saya merasakan tekanan yang luar biasa di sanan," katanya kepada AS.

Meski Rivera harus meninggalkan Real Madrid dengan prestasi yang tidak terlalu baik tetapi dia menganggap kisah kariernya denagn rekan satu tim merupakan contoh kecil kesuksesan di klub besar.

"Saya memang harus pergi tetapi itu bukanlah akhir segalanya. Coba lihat Roberto Soladado, dia meninggalkan Madrid dan akhirnya masuk ke timnas. Sementara Raul, dia adalah rekan saya tetapi memiliki kepercayaan diri yang sangat tinggi. Itlah yang memabantunya meraih prestasi hebat."