Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

PSSI Jajaki Uji Coba Lawan Timor Leste dan Kamerun

By Peksi Cahyo Priambodo - Senin, 5 November 2012 | 18:33 WIB
Timnas Indonesia (Peksi Cahyo/Bolanews)

Piala AFF 2012 akan digelar kurang dari sebulan lagi. PSSI sebagai induk organisasi sepak bola Indonesia dilaporkan terus menjajaki kemungkinan untuk menggelar partai uji coba bagi timnas jelang Piala AFF.

Menurut Sekjen PSSI, Halim Mahfudz, dua negara sampai saat ini tengah diupayakan untuk menjadi lawan uji coba Indonesia sebelum berlaga di babak penyisihan Grup B Piala AFF 2012. Kedua negara itu adalah Timor Leste dan Kamerun.

"Kami terus berkomunikasi. Tadi pagi, kami sudah bersurat kepada Federasi Sepak Bola Timor Leste. Ini menjadi surat kedua kami kepada mereka. Sebelumnya, mereka mengirim surat dan menyatakan ketidakbisaan kalau pertandingan uji coba digelar pada 10 November, itu berdekatan dengan peringatan tragedi Santa Cruz pada 12 November," jelas Halim di Kantor PSSI, Senayan, Jakarta, Senin (5/11).

"Kalau Kamerun, surat undangan sudah kami kirim seminggu yang lalu. Sama seperti Timor Leste, kami terus bangun komunikasi dengan mereka," sambungnya.

Bila mendapat persetujuan, Halim mengatakan bahwa laga uji coba melawan Timor Leste kemungkinan digelar pada 14 November 2012. Adapun uji coba melawan Kamerun direncanakan digelar pada 17 November 2012.

"Jika fixed, mungkin laga melawan Timor Leste digelar di Yogyakarta, sementara melawan Kamerun di Jakarta," jelasnya.

Sejauh ini, timnas Indonesia sudah melakoni lima laga uji coba. Kelima laga uji coba itu masing-masing melawan Filipina, Korea Utara, Vietnam (dua kali), dan Brunei Darussalam.

Tim pelatih timnas Indonesia sebelumnya mengatakan lima laga uji coba itu belum cukup. Paling tidak diperlukan beberapa uji coba lagi untuk mematangkan mental sekaligus menguji perkembangan tim.