Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Djohar: Pengurus PSSI Ikut Galang Dana

By Frengky Aruan - Rabu, 7 November 2012 | 16:08 WIB
Djohar Arifin Husin (Bolanews)

Piala AFF 2012 akan digelar kurang dari 20 hari lagi. Dengan waktu yang sudah sangat singkat, total dana sebesar 2 miliar rupiah untuk keperluan timnas selama mengikuti Piala AFF 2012, belum juga ada. Hal ini juga diakui oleh Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin.

Djohar sendiri mengatakan bahwa total dana tersebut biasanya didapatkan dari pemerintah dalam hal ini lewat Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora). Namun sampai saat ini, menurutnya, Menpora belum juga mengucurkan dana yang telah diminta PSSI

"Seperti Piala AFF 2010, biasanya Menteri Pemuda dan Olah Raga membantu. Kami sendiri sudah mengajukkan proposal. Untuk kebutuhan tim yakni mulai dari keberangkatan hingga pulang dan biaya di sana, timnas membutuhkan dana sebesar 2 miliar," kata Djohar di Kantor PSSI, Senayan, Jakarta, Rabu (7/11).

Djohar mengaku enggan berspekulasi terkait belum turunnya dana tersebut. Yang pasti katanya, PSSI akan melakukan langkah dengan mengadakan penggalangan dana. Langkah ini sendiri sama seperti yang telah dilakukan kelompok suporter Indonesia.

"Saya kira, ada masalah prosedural yang membuat dana belum turun. Dana itu kan bukan dari Menpora, tapi dari kas negara. Jadi harus melewati prosedur dulu. Mudah-mudahan Menpora mendukung," terang Djohar.

"Tapi, kami sangat yakin dana untuk timnas akan didapatkan. Kami dari pengurus juga akan melakukan penggalangan dana. Ini kami lakukan karena bertekad memberi pelayanan terbaik bagi tim di Piala AFF."