Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Selangkah Lagi, Jhonny Wujudkan Mimpi Kakeknya

By Peksi Cahyo Priambodo - Kamis, 8 November 2012 | 19:18 WIB
Jhonny van Beukering (Peksi Cahyo/Bolanews )

Membela tim nasional Indonesia merupakan impian sebagian besar warga negara Indonesia, tak terkecuali Jhonny van Beukering, pemain naturalisasi yang kini berkiprah di Belanda. Bagi Jhonny, bergabung dengan timnas mendatangkan kesenangan tersendiri dalam dirinya.

"Saya sangat senang dapat bergabung di timnas meski hanya latihan," kata Jhonny dalam jumpa pers di Kantor PSSI, sebelum sesi latihan timnas di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (8/11).

Hal ini tentu bukan tanpa sebab. Sejak berstatus WNI, Jhonny memang sangat ingin bergabung dengan timnas Indonesia. Apalagi, ia sangat diharapkan oleh sang kakek menjadi salah satu penggawa Merah-Putih.

"Sejak dulu kakek ingin melihat anggota keluarganya bermain untuk timnas," terang eks pemain Pelita Jaya itu.

Tak hanya Jhonny, bergabung dengan timnas Indonesia juga dirasakan Raphael Maitimo, sebagai hal yang positif. Raphael berharap proses perubahan status kewarganegaraannya bisa segera rampung.

"Saat ini naturalisasi saya masih dalam proses. Saya berharap hal segera selesai sebelum Piala AFF 2012. Ini agar saya bisa membela Indonesia jika memang dibutuhkan," terang Raphael Maitimo.

Namun demikian, niat kedua pemain itu untuk membela Indonesia di kancah sepak bola dunia bisa saja tak kesampaian. Pelatih timnas, Nilmaizar punya pertimbangan untuk memilih pemain.

"Kami dari tim pelatih lebih akan melihat kontribusi pemain dalam tim. Kalau pemain beri kontribusi, tentu akan kami pertimbangkan untuk dimasukkan," kata Nilmaizar.

"Jadi, masuk tidaknya pemain itu tergantung pada pemain itu sendiri. Kami ingin yang berangkat ke Malaysia untuk Piala AFF 2012 adalah yang terbaik di dalam tim saat ini. Mereka akan masuk dalam timnas dalam berlaga untuk negara," sambung Nil.