Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Fluminense Juarai Liga Brasil 2012

By Jaka Sutisna - Senin, 12 November 2012 | 19:35 WIB
Fred, bawa Fluminense juara Liga Brasil 2012. (Getty Images)

liga Eropa belum melewati setengah kompetisi, Fluminense malah sudah menyegel gelar juara Liga Brasil. Hebatnya mereka menyegel gelar juara di pekan ke-35 dari 38 pekan.

Kemenangan 3-2 yang diraih secara dramatis atas Palmeiras, Minggu (11/11), memastikan Fluminense sebagai juara. Gelar juara ini merupakan yang kedua dalam tiga tahun terakhir.

Meski demikian kemenangan tersebut tak mudah diraih. Palmeiras yang sedang berjuang lolos dari jeratan degradasi memberikan perlawanan keras.

Sempat unggul 2-0 di awal babak kedua usai Fred mencetak gol di menit ke-46', lalu digandakan oleh gol bunuh diri Mauricio Ramos menit ke-54', Fluminense dikagetkan reaksi positif anak-anak asuhan Gilson Kleina.

Hanya dalam kurung waktu lima menit (62' & 65') Hernan Barcos, dan Patrick Vieira berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Laga pun berjalan seru. Palmeiras terus berusaha mencetak gol ketiga untuk lepas dari jeratan degradasi, sedangkan Fluminense juga mencari gol ketiga demi mengunci gelar juara.

Namun, dewi fortuna lebih memihak Fluminense. Frederico Chaves Guedes atau yang dikenal Fred berhasil mencetak gol kedua dalam laga ini di menit ke-88'. Gol mantan pemain Olympique Lyon tersebut membawa klubnya menggenggam gelar juara Liga Brasil.

kemenangan ini membuat Fluminense yang sudah mengoleksi 76 poin tak bisa lagi terkejar oleh peringkat kedua Gremio yang dipisahkan jarak 10 poin (66). Dengan sisa tiga pertandingan yang artinya hanya menyediakan total sembilan poin, Gremio dipastikan harus memberikan selamat kepada Fluminense atas gelar juara yang diraih.