Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Belanda Kontra Jerman, Bukan Laga Uji Coba Biasa

By Yudhi F. Oktaviadhi - Senin, 12 November 2012 | 23:53 WIB
Mesut Oezil (kanan) vs Rafael van der Vaart (kiri) di Euro 2012. (Christopher Lee/Getty Images)

Jerman akan menghadapi Belanda dalam sebuah laga uji coba di Amsterdam, pada Rabu (14/11). Namun, menurut manajer Tim Panser, Oliver Bierhoff, laga melawan Tim Oranye memiliki makna yang lebih dari sekadar pertandingan persahabatan biasa.

Pernyataan Oliver Bierhoff bukan tanpa alasan. Jerman terakhir kali mengalahkan Belanda 2-1 di Euro 2012 dan memaksa Robin van Persie dkk. angkat koper lebih awal di fase grup. Bierhoff yakin tuan rumah menyimpan misi balas dendam kala kedua tim kembali bersua tengah pekan ini.

"Saya sudah tak sabar untuk segera menjalani pertandingan ini. Ini bukan sekadar laga persahabatan karena faktor rivalitas antara kedua tim sangat kuat. Belanda mungkin berambisi membalas kekalahan dari kami di Euro 2012," kata Bierhoff seperti dikutip dari situs resmi Federasi Sepak Bola Jerman (DFB).

Bierhoff juga menyebut Belanda merupakan musuh yang sangat kuat. Pria berusia 44 tahun itu berharap Die Mannschaft bisa lebih sering lagi bertemu lawan dengan kualitas seperti Tim Oranye.

"Laga melawan Belanda sangat penting karena mereka merupakan tim yang kuat. Kami harus terbiasa bertemu lawan dengan kualitas seperti Belanda untuk menguji kemampuan kami," pungkas Bierhoff.