Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Serie A Gudangnya Pemain Muda Bertalenta

By Yudhi F. Oktaviadhi - Selasa, 13 November 2012 | 00:27 WIB
Stephan El Shaarawy, pemain muda paling bersinar di Serie A. (Getty Images)

bibit muda berbakatnya.

Coba lihat AC Milan, kepergian Zlatan Ibrahimovic membuat Stephan El Shaarawy meroket di Serie A sebagai capocanonieri sementara. Di AS Roma lebih banyak lagi.

Tim Serigala ibu kota kebanjiran talenta muda di antaranya: Alessandro Florenzi, Erik Lamela, Mattia Destro, Panagiotis Tachtsidis, dan Marquinhos.

Juventus tak ketinggalan. Mereka memiliki Luca Marrone dan Paul Pogba yang permainannya meningkat akhir-akhir ini. Di Genoa ada Ciro Immobille, di Internazionale Juan Jesus.

Terhitung dari total 60 pemain muda berusia 21 tahun kebawah yang beredar di Serie A, 36 di antaranya sudah pernah diturunkan bermain.

Jika dibandingkan dengan lima liga top Eropa lainnya, Serie A (60 pemain muda) berada di posisi kedua di bawah Ligue 1 (69) sebagai liga dengan pemain muda terbanyak.

Di tempat ketiga disusul Bundeliga Jerman (56), La Liga Spanyol (49), dan yang terakhir Liga Premier Inggris (41).
Ini bisa menjadi indikasi jika Italia punya prospek masa depan yang cerah. Tak menutup kemungkinan beberapa tahun kedepan pemain-pemain muda tersebut menjadi bintang Serie A dan kembali mengangkat pamor Liga Italia seperti era 1990 an.