Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Iniesta Memuji Messi dan Ronaldo

By Yudhi F. Oktaviadhi - Selasa, 13 November 2012 | 01:44 WIB
Andres Iniesta (kanan) dan Lionel Messi (kiri). (David Ramos/Getty Images)

Gelandang Barcelona, Andres Iniesta, menyatakan rekan setimnya, Lionel Messi, merupakan sosok yang paling layak untuk meraih penghargaan Ballon d'Or 2012. Meski demikian, Iniesta juga melontarkan pujian untuk bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, yang menjadi pesaing utama Messi.

Lionel Messi belum berhenti mengukir rekor. Usai mencetak gol ke-76 sepanjang 2012 ketika menang 4-2 atas Real Mallorca, pada Senin (12/11) dini hari WIB, Messi resmi melewati rekor 75 gol milik Pele yang ditorehkan pada 1972. Itu berarti Messi hanya tertinggal dari legenda Jerman, Gerd Mueller, yang mencetak 85 gol pada 1972.

"Leo adalah yang terbaik. Penilaian saya bukan hanya dari gol, namun penampilan secara keseluruhan. Ia memiliki pengaruh yang sangat kuat dalam tim, unik, dan selalu menjadi pembeda. Itulah alasan mengapa ia bisa menorehkan banyak rekor dan bahkan bisa terus bertambah," kata Iniesta seperti dikutip dari Soccer News.

"Namun, Cristiano juga patut diapresiasi. Ia sangat layak untuk menjadi kandidat kuat peraih penghargaan individual. Namun, siapa yang lebih pantas meraih Ballon d'Or bukan saya yang menentukan," pungkas Iniesta.