Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Prakiraan Tim Inti Belanda Saat Menjamu Jerman

By Oka Akhsan M. - Selasa, 13 November 2012 | 23:52 WIB
Gregory van der Wiel (Ian Walton/Getty Images)

up Piala Dunia 2010, Tim Oranye kalah tiga kali di fase Grup sehingga harus angkat koper lebih awal dari Polandia dan Ukraina.

Nasib Bert van Marwijk sudah bisa diprediksi. Ia dipecat Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) dan digantikan Louis van Gaal. Merasa butuh perubahan, Van Gaal kemudian merombak total skuad Tim Oranye.

Sejak pertama kali bertugas sebagai pelatih Belanda, Van Gaal total telah memanggil 32 pemain dan menyelipkan muka-muka baru seperti Jeroen Zoet (RKC Waalwijk), Bruno Martins Indi, Ruben Schaken (Feyenoord), dan Marco van Ginkel (Vitesse Arnhem). Mantan pelatih Bayern Muenchen itu juga selalu menggunakan 17 susunan pemain berbeda dalam lima laga perdana!

Belanda akan bertemu musuh bebuyutan, Jerman, dalam laga persahabatan di Amsterdam ArenA, pada Jumat (16/11) dini hari WIB. Meski sang rival menurunkan tim terbaik, Van Gaal tetap kukuh pada pendiriannya dengan menggunakan skuad muda.

Namun, banyak pengamat memprediski Van Gaal tetap menurunkan pemain-pemain senior sejak awal laga. Selain karena faktor rivalitas, catatan rekor tak pernah menang atas Jerman dalam empat pertemuan terakhir menjadi alasan bagi Van Gaal untuk lebih mengutamakan pemain berpengalaman.

Kiper

Van Gaal memanggil empat kiper untuk laga melawan Jerman. Ia mungkin akan tetap memilih Maarten Stekeleburg sebagai tumpuan di bawah mistar meski tampil tidak konsisten di AS Roma. Pasalnya, mantan kiper Ajax Amsterdam itu memiliki jam terbang di level internasional yang lebih tinggi ketimbang Tim Krul, Kenneth Vermeer, apalagi Jeroen Zoet.

Bek kanan

Gregory van der Wiel merupakan bek kanan utama Belanda dalam rentang empat tahun terakhir. Namun, ia belum pernah sekalipun tampil di era Van Gaal. Meski demikian, Van Gaal kemungkinan akan kembali memainkan Van der Wiel ketimbang pemain yang masih hijau seperti Ricardo van Rhijn dan Daryl Janmaat.

Bek tengah