Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kontra Spanyol, Panama Pasang 22 Pemain

By Windu Puspa Ningtyas - Rabu, 14 November 2012 | 10:03 WIB
Julio Dely Valdes (AFP/Getty Images)

Panama akan berhadapan dengan Juara Eropa, Spanyol, pada laga persahabatan, Kamis waktu setempat. Pelatih Panama, Julio Dely Valdes, menyatakan skuadnya harus melakukan sesuatu yang luar biasa untuk meraih hasil terbaik.

Julio Dely Valdes mengungkapkan penaksiran yang realistis kala skuadnya harus berhadapan dengan La Roja. Saat ini Panama duduk di peringkat 46 FIFA, mereka menyataan tidak berharap muluk terhadap hasil laga persahabatan tersebut. Namun, keputusan Vicente Del Bosque yang mengistirahatkan beberapa pemain kunci akan menjadi peluang bagi Panama untuk unjuk gigi.

"Hal terbaik yang kami lakukan untuk melawan Spanyol adalah memperbolehkan Panama bermain dengan 22 pemain di lapangan ketimbang dengan 11 pemain. Itu tentu hal yang masuk akal jika Anda berhadapan dengan Spanyol. Apa pun usaha yang kami lakukan, itu harus dibuat dua kali lipat. Dua kali lipat perhatian, konsentrasi, pengorbanan, usaha, dan saling bantu satu sama lain," canda Valdes kepada Marca.

Pada laga tersebut, Del Bosque akhirnya memanggil Juan Mata. Hal itu dilakukan karena sang pelatih harus menerapkan sistem rotasi pemain. Del Bosque juga mengaku sangat menegtahui karater Valdes karena pelatih Panama tersebut pernah bermain untuk klub Spanyol.

"Dely Valdes pernah bermain untuk Real Oviedo. Saya melihat dia mencetak gol di stadio Trtiere. Valdes merupakan pencitraan dari sepak bola Panama dan saya yakin mereka akan bermain dengan semangat seperti halnya semangat Valdes di lapangan," kata Del Bosque.