Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Empat Gol Zlatan Ibrahimovic Hancurkan Inggris

By Yudhi F. Oktaviadhi - Kamis, 15 November 2012 | 04:27 WIB
Zlatan Ibrahimovic mencetak gol ke gawang Inggris (Getty Images)

2 setelah sempat tertingal di babak pertama.

Swedia memanfaatkan dengan baik pertandingan melawan Inggris yang tidak diperkuat sejumlah pilar penting karena cedera. Ibra cs. mampu memberikan sukacita para suporter Swedia yang memadati Friends Arena.

Pertandingan ini mempunyai arti penting bagi sosok kapten Inggris, Steven Gerrard. Sayang,  penampilan ke-100 Gerrard, tidak lengkap karena The Three Lions menderita kekalahan.

Di awal-awal pertandingan berlangsung cukup alot yang berlangsung lebih dari 15 menit. Akan tetapi, pada menit ke-20 bomber Swedia mampu membuka keran golnya. Gol itu tercipta berkat umpan yang dberikan Martin Olsson.

Kecolongan lebih dulu Inggris bereaksi dengan meningkatkan tempo serangan. Serangan-serangan yang dibangun Gerrard dkk. mulai membahayakan gawang Andreas Isaksson. Pada menit ke-35 Danny Welbeck sukses menjadikan kedudukan kembali imbang 1-1 berkat umpan Ashley Young.

Tiga menit kemudian pasukan Roy Hodgson kembali merobek gawang Swedia. Kali ini gol diciptakan pemain yang baru memainkan debut bersama tim nasional Inggris, Steven Caulker, dengan tandukkannya memanfaatkan umpan tendangan bebas Gerrard. Hingga babak pertama berakhir Inggris tetap unggul 2-1 atas tuan rumah.

Swedia beruntung memiliki penerang haus gol, Zlatan Ibrahimovic. Di babak kedua Ibra memperlihatkan keberingasannya untuk terus menambah koleksi golnya untuk Swedia dan Joe Hart dipaksa tiga kali memungut bola dari dalam gawangnya.

Ibrahimovic butuh 32 menit untuk mencetak gol keduanya di pertandingan ini dan menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Gol kedua pemain bintang Paris Saint-Germain itu tercipta pada menit ke-77.

Tujuh menit kemudian Ibra akhirnya mencetak hattrick sekaligus membalikkan keadaan menjadi 3-2. Eks bintang Inter Milan, Barcelona, dan AC Milan itu ternyata tidak puas memborong tiga gol ke gawang Inggris.

Pada masa tambahan waktu Ibrahimovic kembali membukukan gol keempatnya di laga ini. Gol tersebut pun mengakhiri pertandingan dan Swedia menang 4-2 atas Inggris.

****
Susunan pemain


Swedia: 1-Andreas Isaksson; 2-Mikael Lustig (14-Tobias Sana 73), 3-Jonas Olsson, 4-Andreas Granqvist (15-Mikael Antonsson 73), 5-Martin Olsson (17-Behrang Safari 46); 6-Rasmus Elm, 7-Sebastian Larsson (13-Pontus Jansson 86), 9-Kim Kallstrom (8-Andres Svensson 61), 19-Alexander Kacaniklic; 11-Mathias Ranegie (16-Pontus Wernbloom 89), 10-Zlatan Ibrahimovic

Inggris: 1-Joe Hart; 2-Glen Johnson (12-Carl Jenkinson 75), 5-Gary Cahill, 6-Steven Caulker (16-Ryan Shawcross 75), 3-Leighton Baines; 4-Steven Gerrard (18-Tom Huddlestone 75), 8-Leon Osman, 10-Tom Cleverley (17-Jack Wilshere 62); 7-Raheem Sterling (19-Wilfred Zaha 84), 9-Danny Welbeck, 11-Ashley Young (20-Daniel Sturridge 61)