Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Nil Sebut Penundaan Untungkan Indonesia

By Oka Akhsan M. - Kamis, 15 November 2012 | 23:04 WIB
Pelatih timnas Indonesia, Nilmaizar. (Peksi Cahyo/Bolanews)

23 yang dijadwalkan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (16/11), diundur. Kedatangan Kamerun yang terlambat menjadi penyebabnya. Mengenai hal ini, Sekjen PSSI, Halim Mahfudz, juga membenarkan.

"Benar terjadi penundaan jadwal pertandingan. Ini terpaksa dilakukan karena penerbangan tim Kamerun mengalami penundaan. Pertandingan tetap ada, namun penyelenggaraan diubah menjadi 17 November 2012, pukul 16.45 WIB," kata Halim, Kamis (15/11).

Penundaan jadwal penerbangan tim Kamerun, yang membuat jadwal pertandingan diundur, disebut Halim turut membuat panitia menjadi sibuk. Panitia kini harus bekerja ulang sekaligus mempersiapkan hal untuk pertandingan di hari Sabtu (17/11).

"Panitia Pelaksana siang tadi rapat dan berusaha menyelesaikan semua persyaratan, termasuk menginformasikan ke semua pihak mulai dari keamanan, rumah sakit, sampai AFC dan FIFA," jelas Halim.

Namun, di sisi lain pemunduran jadwal pertandingan tersebut nyatanya punya dampak positif. Seperti yang disampaikan pelatih timnas, Nilmaizar, penundaan ini membuat anak asuhnya punya waktu lebih untuk mempersiapkan diri.

"Saya sudah dapat informasi ini dan itu dari PSSI. Bagi saya, penundaan ini menguntungkan kami. Para pemain menjadi memiliki waktu yang cukup banyak untuk berlatih serta melakukan recovery. Jadi, saya menganggap penundaan bagus untuk tim karena kami harus memiliki tenaga lebih saat menghadapi Kamerun. Menurut saya, Kamerun punya tipikal permainan yang ngotot," jelas Nilmaizar.