Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ada Restu KPSI, Umuh Ijinkan Pemainnya ke Timnas

By Peksi Cahyo Priambodo - Jumat, 16 November 2012 | 21:02 WIB
Umuh Muhtar (Arief Bagus/Bolanews)

Komite Penyelamat Sepak Bola Indonesia (KPSI), mengisyaratkan akan mengijinkan pemain yang berkompetisi di Indonesia Super League (ISL) untuk memperkuat timnas Indonesia yang bakal berlaga di Piala AFF 2012. Namun hal ini belum diketahui oleh Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar.

"Soal ini saya belum mendengar. Kalau memang benar ada izin, sangat bagus. Mungkin ini bisa cepat mencairkan semua permasalahan," tutur Umuh, Jumat (16/11) siang.

Umuh mengatakan, setiap pemain sepak bola, termasuk pemain Persib, tentu mendambakan bisa membela timnas. "Dan kalau ada pernyataan dari KPSI, silahkan saja. Saya tidak akan melarang," kata Umuh.

Dalam daftar nama sementara yang diajukan oleh PSSI kepada Panitia Pelaksana Piala AFF 2012, didalamnya terdapat beberapa nama pemain dari klub peserta ISL. Mereka adalah Bambang Pamungkas, Ahmad Bustomi, Hamka Hamzah, Patrich Wanggai, serta dua pemain Persib, yakni Firman Utina dan kiper I Made Wirawan. Namun dari semua pemain ISL yang dipanggil, hanya Bambang Pamungkas yang bergabung dengan timnas Indonesia.

Soal waktu yang sudah mepet saat pemain dari Persib bergabung, menurut Umuh itu tak akan jadi masalah. "Mereka kan profesional. Waktu baru bergabung ke Persib, mereka bisa cepat adaptasi," tambah Umuh.

Laporan Tribunnews