Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

PT LI Adakan Kursus untuk Wasit dan Asisten Wasit

By Yudhi F. Oktaviadhi - Sabtu, 17 November 2012 | 07:20 WIB

elemen untuk menyambut musim kompetisi musim depan.

Perangkat pertandingan adalah satu elemen penting pendukung kompetisi yang mendapatkan perhatian dari PT LI. Bersama Komite Wasit PSSI, PT LI berencana melakukan kursus penyegaran untuk wasit-wasit yang akan memimpin ISL dan DU.

Roberto Rouw, selaku Komite wasit PSSI sudah menjadwalkan tiga kali kursus sebelum dimulainya kompetisi. Kursus gelombang pertama akan berlangsung di Semarang pada 17-18 November 2012. Selanjutnya akan digelar di kota Surabaya (24-25 November) dan Pekanbaru (29-30 November).

"Sebaiknya dan seharusnya, sebelum ada kompetisi seperti ISL dan DU, wasit dan asisten wasit memang perlu mendapatkan penyegaran. Itu untuk mengukur apakah mereka masih layak atau tidak untuk memimpin pertandingan," ujar Purwanto, anggota Komite Wasit PSSI, seperti dilansir situs Liga Indonesia, Jumat (16/11).

Kursus penyegaran wasit gelombang pertama yang menurut rencana akan dimulai hari ini, Sabtu (17/11), akan diikuti oleh 72 peserta dan akan dibuka langsung oleh Wakil Ketua Komite Wasit PSSI, Hardi Hasan di Hotel Muria, Semarang. Sedangkan bertindak sebagai instruktur adalah Purwanto, Jimmy Napitupulu, dan Jaka Mulyono.

Purwanto menambahkan, dalam kursus gelombang pertama ini, para wasit dan asisten wasit akan mendapatkan pelatihan di bidang teori serta fisik. Selain itu, wasit dan asisten wasit juga akan mendapatkan pelajaran tambahan mengenai pembahasan dan pengenalan Laws of The Game FIFA yang terbaru.