Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Fernando Alonso Yakin Finis di Depan Vettel

By Oka Akhsan M. - Minggu, 18 November 2012 | 22:46 WIB
Fernando Alonso (Ker Robertson/Getty Images)

Fernando Alonso hanya akan memulai balapan dari posisi ketujuh di GP Amerika Serikat, pada Senin (19/11) dini hari WIB. Meski demikian, pebalap Ferrari itu yakin bisa meraih hasil terbaik guna menjaga selisih poin dengan Sebastian Vettel di klasemen pebalap.

Setelah Ferrari meraih hasil buruk di sesi kualifikasi, banyak pihak menganggap GP Amerika Serikat merupakan akhir dari persaingan antara Vettel dan Alonso dalam memperebutkan gelar juara dunia musim ini. Pasalnya, pebalap Red Bull itu dipastikan mencetak "hattrick" juara secara beruntun jika bisa memperlebar selisih poin menjadi 15.

Artinya, apabila Vettel yang start dari pole position menang, maka Alonso tidak boleh mengakhiri lomba di bawah posisi keempat jika masih ingin menjaga persaingan tetap terjaga hingga balapan terakhir di Brasil. Namun, meski memulai lomba dari baris keempat, pebalap asal Spanyol itu tetap yakin bisa terus mendekati koleksi poin Vettel.

"Kami hanya memulai lomba dari posisi ketujuh dan kesembilan, sehingga banyak yang menilai semua akan berakhir di sini. Namun, saya akan membuktikan bisa meraih poin yang lebih besar dari Vettel saat balapan. Tidak tahu bagaimana nanti, namun perasaan saya berkata demikian," kata Alonso seperti dikutip dari crash.net.

Alonso saat ini berada di posisi kedua klasemen sementara pebalap dengan koleksi 245 poin. Juara dunia musim 2005 dan 2006 itu tertinggal 10 poin dari Vettel yang berada di posisi teratas dengan dua balapan tersisa.