Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

PSSI Raup Lebih dari 1 M di Gala Dinner

By Fajar Mutaqin Ahmad - Senin, 19 November 2012 | 22:33 WIB
Ilustrasi

Total dana sebesar 2 miliar rupiah untuk pendanaan tim nasional Indonesia di Piala AFF 2012, sedikit demi sedikit tertutupi. Bersama pihak sponsor, PSSI dalam acara gala dinner di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta, Senin (19/11), berhasil meraup lebih dari 1 miliar rupiah untuk timnas Indonesia.

Menurut Sekjen PSSI, Halim Mahfudz, total dana sebesar lebih dari satu miliar rupiah itu didapatkan dari berbagai pihak. Selain sponsor, dana sebesar lebih dari 1 miliar rupiah yang didapat dari acara yang juga diikuti para penggawa timnas itu juga didapat dari individu, dan melalui lelang jersey.

Terkhusus untuk jersey, terkumpul 92 juta rupiah. Uang itu sendiri didapat dari seorang pengusaha bernama Nicholas (35 juta rupiah), Deputi Sekjen Bidang Kompetisi, Sihar Sitorus (30 juta rupiah), dan Sekjen PSSI, Halim Mahfudz (27 juta rupiah).

"Ini terobosan baru yang dibuat PSSI. Kami menggandeng para pengusaha dan perusahaan untuk membantu dalam membiayai timnas dan sepak bola Indonesia. Untuk pengusaha yang datang, saya tidak tahu," jelas Halim di Hotel Mulia, seusai acara.

Lebih jauh, Halim menambahkan bahwa total dana itu kemungkinan besar akan bertambah mengingat PSSI terus berupaya menjalin kerja sama dengan sejumlah perusahaan. Menurut Halim, sampai saat ini, PSSI setidaknya sudah sepakat dengan beberapa perusahaan, salah satunya yang bergerak di bidang telekomunikasi.

"Wujud kerja sama dengan perusahaan itu berupa peluncuran handphone dengan fitur timnas. Dari penjualan produk handphone itu nantinya beberapa persen untuk timnas," jelas Halim.

Halim mengatakan, total dana yang terkumpul ini sendiri akan sangat berguna bagi timnas Indonesia. Seperti diketahui, pendanaan timnas Indonesia sebelumnya belum jelas. Sejauh ini, pemerintah dilaporkan belum mau memberi bantuan dana untuk tim yang akan berlaga di Piala AFF 2012.