Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Bendol, Timnas Tak Boleh Lupakan Laos

By Frengky Aruan - Rabu, 21 November 2012 | 16:21 WIB
Timnas Indonesia (Peksi Cahyo/Bolanews )

negara Asia Tenggara, Indonesia menghuni Grup B bersama Laos, Singapura, dan Malaysia. Indonesia sendiri akan memulai kiprahnya di babak penyisian grup dengan melawan Laos pada Minggu (25/11), untuk kemudian menghadapi Singapura (28/11) dan Malaysia (1/12) di dua laga tersisa.

Menurut mantan pelatih timnas Indonesia di era 2000-2001 serta 2008-2010, Benny Dolo, kiprah Indonesia terutama di babak penyisihan grup, tidaklah mudah. Selain faktor persiapan yang kurang maksimal lantaran diiringi sejumlah permasalahan, mulai dari pembentukan tim, pendanaan, hingga terakhir kasus pemukulan yang dilakukan Diego, Indonesia diperhadapkan dengan lawan yang punya kekuatan hampir serupa. Meski sama-sama tak menuai hasil bagus di sejumlah uji coba, Singapura dan Malaysia disebut menjadi calon penjegal bagi Indonesia dalam upaya mencapai babak semifinal.

"Kita ketahui, Indonesia harus berangkat dengan materi tak sesungguhnya. Jadi, perjalanan di Piala AFF 2012 dipastikan sangat berat. Apalagi, persiapan dan hasil uji coba yang selama ini telah dilakukan kurang memuaskan. Ditambah, Indonesia akan tampil di kandang lawan. Buat saya, ini menjadi pekerjaan berat bagi Nilmaizar karena harus tampil di Malaysia. Saya pikir, selain Malaysia tantangan terberat juga akan datang dari Singapura," jelas Benny Dolo kepada wartawan, Rabu (21/11).

Namun begitu, Bendol, sapaan Benny Dolo merasa Indonesia masih memiliki peluang untuk tampil di semifinal Piala AFF 2012. Syaratnya, Indonesia harus berjibaku di semua laga, termasuk saat berhadapan dengan Laos di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia.

"Jadi, jangan hanya fokus kepada Malaysia dan Singapura saja, timnas harus fokus menghadapi Laos juga. Saya sendiri sudah menyaksikan pertandingan mereka. Mereka cukup kompak. Bagi saya, kunci agar bisa lolos ke semifinal juga terletak pada laga melawan Laos. Kalau timnas berhasil menang, peluang untuk lolos dipastikan ada," terang Bendol.

Untuk Piala  AFF 2012, manajemen timnas sudah merilis daftar 22 pemain. Di sektor depan, timnas diisi oleh Samsul Arif, Rachmat Syamsuddin Leo, Jhonny van Beukering, Irfan Bachdim, Bambang Pamungkas. Adapun sektor tengah diisi oleh Corneles Geddi, Elie Aiboy, Andik Vermansyah, Tonnie Harry Cussel, Taufiq, Vendry Mofu, Rasyid Assahid Bakrie, Oktovianus Maniani.

Sementara di lini pertahanan akan ditempati oleh Handi Ramdan, Novan Setya Sasongko, Nopendi, Fachrudin, Wahyu Wijiastanto, Valentino Telaubun, Arthur Irawan. Sedangkan posisi kiper diisi oleh Wahyu Tri Nugroho, Endra Prasetya. Tim nasional Indonesia sendiri sudah berada di Malaysia. Mereka dijadwalkan melakukan sejumlah latihan jelang berlaga di Piala AFF 2012.